• 15 Milyar Dana Kelurahan Bakal Diberikan Tahun Ini

image_title
Ket: H.Juhaidin,SE kepala BPKAD Kabupaten Wakatobi
  • Share

    BUMISULTRA

    WAKATOBI - Sebanyak 25 Kelurahan yang ada di Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menerima dana kelurahan sebesar Rp.15 Milyar. Hal ini diungkap Kepala Badan Pengolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), H.Juhaidin ditemui diruang kerjanya, Selasa (2/2/2021).

    Besaran angka Rp.15 Milyar tersebut merupakan nilai gelondongan dari total penerima sebanyak 25 Kelurahan sehingga secara terpisah setiap kelurahan dipastikan menerima Rp.600 juta.

    "DPA sementara dalam proses termasuk kecamatan dan Dinas. Sebab adanya Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) akan segera diberlakukan sehingga ada penyesuaian termasuk penyesuaian aturan sebelumnya yakni Simda", tuturnya.

    Dalam penggunaannya sesuai penjelasan Juhaidin diperuntukkan terbanyak adalah kegiatam fisik. Demikian, kaitannya Pandemi Covid-19 yang belum berakhir maka sebagian dana itu mengarah pada penanganan Covid-19 secara swakelola melibatkan masyarakat secara langsung.

    "Nanti kalau DPA setiap kelurahan rampung akan disampaikan kemudian dan kami akan sampaikan instruksi Bupati terkait pengunaan. Tapi perlu dipahami bahwa Kelurahan harus melibatkan penuh masyarakat setempat",imbuhnya.

    Hal itu sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan. Anggaran tersebut digunakan untuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan kegiatan pemberdayaan masyarakat kelurahan.

    Aturan serupa mengacu Permendagri Nomor 130 Tahun 2018, mengatur dua substansi pokok, yaitu pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan sebagai pedoman pengelolaan kegiatan yang bersumber dari dana kelurahan

    Kendati mengalami pergeseran nilai besaran per kelurahan penerima dari tahun 2020 dengan total nilai 1,07 Milyar dari DAU sebesar Rp.307 juta dan APBD Sebesar Rp.700 juta namun hal itu mengacu pada ketentuan Mentri Keuangan, Sri Mulyani Indarwati yang telah menyesuaikan dana Kelurahan pada APBD masing-masing daerah sehingga besaran diberikan hampir hampir mendekati alokasi dana Desa (ADD) untuk 75 Desa di Kabupaten Wakatobi. (*)


    Penulis | La Ilu Mane