• RSUD Terakreditasi, Kado HUT Wakatobi ke-16 Tahun

image_title
Ket: Bupati Wakatobi, Arhawi
  • Share

    BUMISULTRA

    WAKATOBI - Perayaan Hari ulang tahun (HUT) ke-16 Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat kado atas terakreditasinya Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) setempat. Hal itu dibacakan langsung Bupati,H.Arhawi lewat sambutannya lapangan Merdeka Wangi-Wangi, Rabu(18/12/2019)

    “Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Wakatobi atas doa dan segala upaya yang dilakukan, alhamdulliah di usia 16 tahun Wakatobi mendapatkan kado terindah yaitu RSUD Wakatobi telah terakreditasi tingkat dasar", ungkap Bupati H.Arhawi.

    Status RSUD mendapat pengakuan akreditasi menjadi upaya besar dan cita-cita Bupati,H.Arhawi dan Wakilnya Ilmiati Daud mendorong program 'Kesehatan Bersinar' menjawab pemberian kartu BPJS bersinar yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Wakatobi sebanyak 48.036 jiwa di luar program nasional melalui JKN sebanyak 47.737 jiwa.

    Tak tanggung-tanggung tercatat 2019 sejumlah pembangunan gedung RSUD dibangun bahkan diklaim Bupati,H.Arhawi akan diikuti pemberian Kartu BPJS bersinar sebesar 95 persen dari angka penduduk. Ini dimaksudkan pelayan kesehatan tak adalagi keluhan.

    Ditempat terpisah, Direktur RSUD Wakatobi, dr. Munardin Malibu, menjelaskan akreditasi adalah wajib dan merupakan pengakuan terhadap rumah sakit oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi dan ditetapkan Menkes RI.

    "Setelah dinilai bahwa rumah sakit memenuhi standar pelayanan yang berlaku untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit secara berkesinambungan sesuai Undang-undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit dan Permenkes Nomor 12 tahun 2012 tentang Akreditasi", paparnya.

    Sehingga terakreditasinya RSUD Wakatobi diperkirakan kerjasama pihak BPJS Kesehatan dapat diperpanjang. Hal ini dikarenakan BPJS Kesehatan hanya akan bekerjasama dengan rumah sakit yang telah terakreditasi.

    Dengan begitu, RSUD Kabupaten Wakatobi ikut berperan serta dalam mendukung program kesehatan Wakatobi Bersinar.

    Untuk menunjang akreditasi, RSUD Wakatobi telah melakukan serangkaian kegiatan in house training, workshop, study banding ke Rumah sakit Bahteramas di Kendari, dan rumah sakit kota Bau-bau serta bimbingan dari rumah sakit dr. Soetomo Surabaya.

    Akrditasi RSUS sendiri diberikan Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melalui akun resminya merilis hasil survei akreditasi snars edisi 1 RSUD Kabupaten Wakatobi yang telah dilaksanakan pada tanggal 2 sampa 4 Desember 2019 yang lalu dan tepatnya,17 Desember, RSUD Kabupaten Wakatobi dinyatakan lulus tingkat dasar (bintang dua). (**)


    Penulis | La Ilu Mane