• Senam Posa'asa Didaulat Jadi Rekor Dunia Hadirkan 7.620 Peserta

image_title
Ket: Wakil Direktur Muri, Osmar Semesta Susilo, usai penyerahan rekor
  • Share

    BUMISULTRA

    WAKATOBI - Senam 'Posa'asa' asal Wakatobi disebut jadi senam terbanyak menghadirkan peserta hingga mencapai 7.620. Hal ini mendorong minat Museum Rekor- Dunia Indonesia meliriknya hingga memberikan rekor terbanyak dari bidang olahraga.

    Wakil Direktur Muri, Osmar Semesta Susilo, usai penyerahan rekor pada Jum'at(12/10/2018) menyampaikan apresiasinya terhadap Pemda dan masyarakat Wakatobi mengembangkan kebudayaannya hingga bisa mewujudkan menjadi olahraga. "Ini luar biasa karena kebudayaan masyarakat Indonesia", Sebut Osmar sapaan akrab Osmar Semesta Susilo.

    Lembaga Found of Jaispran itu mengapresiasi karsa dan karya semua rakyat bangsa Indonesia termasuk bidang Olahraga sehingga senam 'Posa'asa' menjadi bagian penting upaya melahirkan olahraga dari kebudayaan asli Indonesia.

    Demikian diungkapkan Gubernur Sutra, Al Mazi mengungkapkan apresiasikan atas pencapaian rekor Muri senam 'Posa'asa' ."Muri tidak asal memberikan rekor tapi ada indikator, ini melalui penilaian luar biasa hingga hari ini tanggal 12 Wakatobi telah sukses mendapatkan rekor itu, mudah-mudahan rekor Muri ini terus dipertahankan", harapnya.

    Apalagi kata dia langkah Wakatobi menjadi pemicu seluruh daerah setelah Poco-Poco asal Sulawesi juga turut menjadi bagian senam Olahraga Nasional."Karena pasti daerah-daerah lain juga akan berupaya atas capaian Wakatobi", Tambahnya.

    Senam Posa'asa sendiri dijelaskan Kapala Dinas Pemuda dan Olahraga, La Ode Adili bahwa senam itu merangkai gerakan aktifitas masyarakat yang digeluti sehari-hari. Baik perpaduan gerak mendayung dan beberapa gerak tarian yang ada.

    "Senam posa'asa diciptakan 3 bulan lalu.Senam ini khas Wakatobi sehingga rekomendasi Rekor Muri mengakui dan pihak federasi olehraga rekreasi masyarakat Indonesia(Formi) telah menetapkan menjadi senam Wakatobi", Tuturnya.

    Sementara itu, Sekda Muhammad Ilyas Abibu menyampaikan tujuan senam Posa'asa tak lain memupuk persamaan dan persatuan, memperkenalkan pariwisata Wakatobi serta upaya mencanangkan senam Posa'asa menjadi senam nasional. (**)


    Penulis | La Ilu Mane