• DKP Wakatobi Hadirkan Posko Pelayanan 'Kusuka' di Festival Tomia

image_title
Ket: Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Oktawianus bersama nelayan di posko Pelayanan
  • Share

    BUMISULTRA

    TOMIA--Untuk mendukung suksesnya festival pulau Tomia, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Wakatobi Melalui UPTD Kelautan Perikanan Pulau Tomia dan Penyuluh Bantu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Membuka posko Pelayanan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) dan asuransi Nelayan yang bekerjasama dengan Asuransi Jasa Inonesia (Jasindo). Minggu (07/10/2018)

    "Kartu KUSUKA ini adalah kartu identitas yg harus di miliki oleh Nelayan sebagai pengganti Kartu Nelayan menuju "one Data" kementerian Kelautan Perikanan (KKP)", tutur Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Oktawianus.

    Acara tersebut DKP Kabupaten Wakatobi bekerjasama dengan pihak Bank Sultra Cabang Wangi-Wangi dan Tomia sebagai Sponsor Tunggal untuk menyiapkan Fasilitas Sarana yg di butuhkan demi suksesnya pelaksanaan Pelayanan Bagi Nelayan.

    Kegiatan dalam momen Festival Pulau Tomia menurut Oktawianus bertujuan untuk lebih mendekatkan pelayanan bagi nelayan khususnya di Pulau Tomia dengan metode sederhana mengumumkan himbauan pelayanan ini di mesjid- mesjid agar masyarakat bisa mengetahui informasi ini.

    "Hari ini adalah hari ke dua kami melakukan pelayanan, Besok dan selanjutnya akan di buka di kantor UPTD", ucap Oktawianus saat ditemui disela-sela pelaksanaan Pelayanan.

    Salah seorang nelayan, Haenudin yang sudah 8 tahun menjadi nelayan mengaku kesulitan waktu dan biaya untuk mengurus kartu nelayan sebelum DKP langsung menemui mereka.

    "Bisa dibayangkan sebelumnya harus saya kewanci dengan biaya yang tidak sedikit dan alhamdulillah saya berterimkasih karena mereka (DKP) yang langsung turun ke lapangan menemui kami", tuturnya.

    Data penerima Kartu Nelayan dan Asuransi Nelayan UPTD Kelautan dan Perikanan Tomia, sebanyak 1050 Nelayan, yang harus diganti menjadi Kartu Kusuka  dan perpanjangan Asuransi Nelayan melalui 3 pilihan kartu dengan Biaya Rp.75.000, 100.000 dan 175.000.

    Khusus bagi nelayan yang belum pernah memiliki atau terdaftar sebagai Peserta Asuransi Nelayan, DKP Wakatobi memiliki 2500 kuota Gratis Asuransi Nelayan dengan Syarat harus memiliki Kartu Kusuka. (*)


    Penulis | Harianto