• Tips 5 Cara Belanja Online Agar Tidak Terjerat Hutang!

image_title
Ket: Ilusrasi: elle.sg
  • Share

    BUMISULTRA

    Belanja dengan diskon besar, siapa yang tidak mau. Apalagi untuk barang yang menarik, Tapi jangan asal tergiur belanja, mari simak cara belanja online yang tepat agar tidak terjebak hingga bisa hutang lho!

     

    Belanja saat ada diskon memang seru. Apalagi jika ada produk menarik yang ditawarkan, rasa-rasanya selalu ada bisikan untuk khilaf berbelanja saat itu juga. Terlebih saat musim-musim tertentu, misalnya menjelang hari raya.

     

    Pertanyaannya, kita harus membayar atau tidak membayar? Karena bukan tidak mungkin jika kamu merasa takut kalau pada akhirnya terlilit hutang hingga menjerat leher kala mengejar promo. Untuk itu, yuk simak panduan belanja yang tepat agar tidak terjebak promo belanja musiman!

    Tips Belanja Musiman Agar Tidak Terjerat Hutang

     

     

    shopholic

     

    Para shopaholic yang lebih maju dari yang lain sadar bahwa paling ekonomis bagi mereka adalah dengan membeli persediaan bermacam-macam produk ketika musim belanja sedang berlangsung. Periode gila-gilaan ini mulai ketika Black Friday di bulan November, dan berakhir seiring Tahun Baru Cina yang berlangsung di antara penghujung bulan Januari/Februari. Sayangnya, musim belanja berikutnya tidak akan hadir hingga datangnya musim gugur. Jadi, bagaimana tips belanja yang tepat?

     

    1. Berbelanja di Akhir Pekan

     

    iustrasi : Discount

     

    Lalu lintas e-commerce yang selalu menurun di akhir pekan, membuat beberapa penjual menghadirkan promo gila-gilaan di akhir pekan. Jadi, daripada terjebak belanja di musim tertentu, kenapa tidak belanja di akhir pekan saja? Tak jarang kamu bisa menemukan diskon hingga 20% untuk barang yang kamu beli.

     

    1. Jangan Sampai Terbujuk

     

    Bicara soal harga barang yang bersaing di situs belanja online, ada 2 nama e-commerce asal China yang cukup punya nama di Indonesia, Namun, harus diingat, ada berbagai kerugian belanja di e-commerce luar sana, jadi jangan terbujuk oleh promo harga murahnya.

     

    Salah satu kerugiannya adalah soal pengiriman yang bisa memakan waktu, bisa lebih dari 3 bulan. Kedua, bila pesanan kamu nilainya lebih dari Rp2.500.000,-; siap-siap kena wajib bea cukai. Tidak cukup sampai di situ, jika belanja lebih dari Rp400.000,-; kamu harus membayar PPN.

     

    1. Penjualan Promo Lokal di Musim Khusus

     

    Mulai malas terjebak belanja di e-commerce luar? Coba belanja di e-commerce lokal pada musim-musim tertentu. Misal setiap tahun di bulan Agustus dan September saat tahun ajaran baru dimulai, ada banyak peluang untuk mendapatkan laptop baru. Tak jarang ada juga promo di Hari Kasih Sayang atau Hari Ibu.

     

    1. Penjualan Obral

     

    bigsale

     

    Penjualan obral kerap terjadi di toko online yang menjual pakaian. Tapi beberapa e-commerce yang menjual barang elektronik pun sering memberikan promo obral. Berbeda dengan model pakaian yang cepat usang dan kadang tidak menarik walau sudah diberi diskon 90%, belanja obral untuk barang elektronik seperti TV dan peralatan rumah tangga akan menjadi nilai lebih yang tak terbantahkan.

     

    1. Royalti Program

     

    Royalti program pada situs jual beli sangatlah bermanfaat, 10% dari setiap total pembelian kamu akan jadi cashback yang disimpan pada akun keanggotaan. Uang yang dikumpulkan dalam akun ini bisa jadi modal belanja di lain waktu jika kamu sering belanja di sini. Seru, bukan?

     

    Intinya, belanja murah bisa terjadi kapan saja sepanjang tahun. Tapi, jika kamu ingin menghemat lebih banyak, coba menunggu hingga musim belanja "seru". Kata "seru" maksudnya adalah diskon besar-besaran hingga 90% di Black Friday dan Cyber Monday. Jadi, istirahatlah belanja sambil menunggu diskon besar-besar agar dompet milikmu kembali sehat.

     

    Sumber: jalantikus.com

     


    Penulis | Admin