• Gubernur Sultra Resmi Membuka MTQ ke-29 Tingkat Provinsi

image_title
Ket: Gubernur Sultra Ali Mazi SH
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI-Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXIX (29) tingkat Prov. Sultra. Pelaksanaan kegiatan keagamaan tersebut mengusung tema "MTQ Nusantara, Merdeka Bertoleransi, Bersahabat, Bermartabat, Menyongsong 77 Tahun Indonesia Merdeka", Rabu (10/8/2022).

    Dalam sambutannya Ali Mazi mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ di Sultra menjadi bagian dari implementasi program prioritas pemerintah Provinsi khususnya program SULTRA BERIMAN yakni dengan mendukung penuh terhadap suksesnya kegiatan ini, khususnya penyediaan alokasi anggaran.

    ''MTQ sebagai momentum dalam memperkokoh kerukunan umat beragama, kerukunan suku dan budaya, saya berharap MTQ mampu beradaptasi dengan segala perbedaan, selain itu mampu meningkatkan derajat kemuliaan dengan tuntunan Al Qur'an serta mampu menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam mewujudkan baldatub thayibatun warabbun ghafur,'' kata Gubernur.

    Adapun jadwal penyelenggaran MTQ dilaksanakan mulai tanggal 8-16 Agustus 2022, kedatangan kafila dari tanggal 8-9 Agustus, pembukaan tanggal 10 Agustus, penutupan tanggal 15 agustus diantarnya Pelaksanaan lomba pada tanggal 11-14 Agustus 2022. Tempat pelaksanaan lomba, yakni: tujuh kategori lomba di Hotel Azizah Kendari, dua kategori lomba di BPMP Sultra, satu ketegori lomba di aula Kanwil agama sultra dan satu kategori lomba di Masjid Raya Al Kautsar.

    MTQ terdiri dari delapan cabang dan 46 golongan lomba meliputi; Cabang seni baca Al-Qur'an terdiri dari golongan pertama tertil Al-Qur'an, Tilawah anak-anak, tilawah remaja dan tilawah tunanetra serta tilawah dewasa putra dan putri. Cabang Qira'at Mujawab Al-Qur'an, Muratal Dewas. Qira'at Muratal Remaja, hafalan Al-Qur'an. Cabang tafsir Al-Qur'an. Cabang fahm Al-Qur'an, Cabang syarh, Cabang seni kaligrafi Al-Qur'an sertCabang karya tulis ilmiah putra dan putri.

    Dalam sambutannya, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) Kementrian Agama RI, Kamaruddin Amin mengatakan Provinsi Sultra begitu antusias dan sportif terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan dan Pelaksanaaa MTQ serta partisipasi dan antusiasnya sangat luar biasa.

    ''Umat islam dan Indonesia secara umum tidak bisa lepas dari inspirasi Al-Qur'an khusunya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara" katanya.

    Selaun itu bagwa MTQ ini memainkan peran yang sangat instrumental dalam mewujudkan negara bangsa yang sangat religius sebagai bentuk kecintaan kita terhadap Al-Qur'an.

    Pegumumkan Pemenang dan Penyerahan Hadiah kepada pemenang pawai taaruf dan karnafal etno religi dalam rangka MTQ ke 29 tahun 2022 yang merupakan rangkaian acara pembukaan ini, panitia mengumumkan pemenangnya;

    Untuk Ketegori Kafila pemenang pertama yaitu peserta pawai dari Kabupaten Buton Selatan, pememang kedua Kab. Buton Utara dan pemenang ketiga Kab. Konawe. Selanjutnya, untuk Kategori Umum pemenang pertama yaitu peserta pawai dari Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Wua-Wua, pemenang dua Paguyuban Masyarakat Bali dan pemenang tiga Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS). Kemudian, kategori siswa Madrasa dan Sekolah dimenangkan oleh Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ummusshabri, dan pemenang kedua MTs Insan Cedikia serta pemenang ketiga SMAN 1 Kendari.

    Hadir dalam acara ini Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Prof. Kamaruddin Amin bersama anggota DPR RI dan DPD RI asal Sultra Andi Nirwana Sebu serta Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan. Dari jajaran Pemprov. Sultra turut mendampingi Gubernur, antara lain Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, jajaran Forkopimda Sultra, Pj. Sekretaris Daerah ( Sekda) Asrun Lio, Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Ka. Kanwil Kementrian Agama, para Bupati/Walikota dan Wakil bupati/walikota, para Pimpinaan Perbankan, para Pimpinan Perguruan Tinggi, Ketua MUI Sultra, para Pimpinan Lembaga Ormas Islam serta Ketua dan Anggota Dewan Hakim MTQ.(*)

    Sumber : https://www.sultraprov.go.id


    Penulis | redaksi