• DPRD Koltim Segera Bentuk Pansus Pemilihan Wakil Bupati Koltim.

image_title
Ket: Surat Kemendagri
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) terkait pemilihan Wakil Bupati Koltim.

    Terlambantanya pemilihan Wakil Bupati Koltim selama ini bukan karena faktor kesengajaan, namun lebih dari itu perlunya konsultasi yang di lakukan pihak DPRD dalam hal ini Ketua DPRD bersama anggota DPRD lainya dengan pihak Kementrian dalam negeri. Konsultasi tersebut diperlukan agar ada regulasi serta payung hukum yang mengatur terkait pemilihan Wakil.

    Hal ini disampaikan Ketua DPRD Koltim,Suhaemi Nasir usai menerima surat balasan dari Kemendagri terkait Percepatan pemilihan Wakil Bupati Koltim. "Ini sudah ada surat balasan dan jawaban dari Kemendagri tertanggal 10 November 2021 untuk segera membentuk Pansus", ungkap Emi kepada Bumi Sultra kemarin, Selasa (23/11).

    Menurutnya, lama vakum kekosongan ini sudah saatnya lahir pemimpin Koltim yang definitif. Dari surat jawaban kemendagri tersebut salah satu poin penting di nomor 4, DPRD segera membentuk Pansus Pemilihan Wakil Bupati Koltim melalui rapat paripurna.

    ''Dimana panitia khusus melakukan menyusun tata tertib (Tatib) Pemilihan Wakil, membentuk panitia pemilihan wakil yang bertugas memperivikasi dan mengklarifikasi berkas persyaratan calon", terangnya.

    Lanjut Ketua DPRD, Parpol pengusung Bupati dan Wakil Bupati Koltim masa jabatan 2021 - 2026 adalah 4 gabungan Parpol yakni PDI P, Gerindra, PAN, Demokrat secara bersamaan menyekapati mengusulkan dua nama calon wakil Bupati Koltim untuk di pilih melalui mekanisme pemilihan oleh DPRD Kolt sebagaimana sesuai dengan ketentuan peraturan perundang -undangan.

    ''Terkait surat balasan kemendagri tersebut tertanggal 10 November 2021 yang di tujukan kepada Gubernur selaku Pemerintah pusat memerintahkan DPRD untuk segera membentuk pansus, "bahkan di rapat Paripurna DPRD terkait Raperda saya sudah sampaikan untuk pembentukan Pansus,'' Surat  (*)


    Penulis | Irwandar