• KPU Konut Tetapkan Pemenang Pilkada 2020 Ruksamin-Abuhaera

image_title
Ket: Pasangan Bupati Konut telah ditetapkan KPU Konut
  • Share

    BUMISULTRA

    KONUT-Ruksamin-Abu Haera resmi ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) terpilih dengan masa kerja 2021 sampai 2026.

    Hal itu ditandai dengan berlangsung rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Konut terpilih di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konut, Jumat, (22/1/2021).

    Ditempat itu, hadir kedua pasangan tagline Rabu ini dengan mengenakan kemeja putih celana hitam mengikuti proses kegiatan yang dilaksankan langsung oleh seluruh jajaran pihak KPU Konut.

    "Iya, kegiatan masih sementara berlangsung,"kata Anggota KPU Konut Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Prasetyo Hari wibowo saat dikomfirmasi perihal kegiatan tersebut.

    Dari informasi yang dihimpun awak media ini, penetapan yang berlangsung berdasarkan dari surat rujukan yang di keluarkan Mahkama Konstitusi (MK) terkait hasil proses pemilihan kepala daerah yang diteruskan ke KPU RI, selanjutnya di tindak lanjuti pihak KPU Konut.

    Untuk diketahui, sebelumnya dalam proses pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilihan umum kepala daerah (pilkada) tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), tuntas dilaksanakan.

    Berkaitan hal itu, seluruh jumlah perolehan suara pasangan calon (paslon) Bupati dan Waki Bupati Konut dari nomor urut 1, Raup-Iskandar Z Mekuo dan nomor urut 2, Ruksamin-Abu Haera 100 persen rampung.

    Dilansir dari laman resmi website KPU RI Pilkada Konut 2020, versi (12/12/2020) pukul 16.30 wita, data keseluruhan formulir C1 menunjukkan paslon Ruksamin-Abu Haera tagline Rabu meraih suara terbanyak yaitu, 24.269 suara persentase 56,6 persen.

    Sedangkan Raup-Izkandar Z Mekuo jargon NKRI peroleh 18.597 suara persentase 43,4 persen. Selisi suara antara kedua calon sebanyak 5.672 persentase 13,2 persen. (*)


    Penulis | Suhardiman Sawali