• Melalui KKA, UMK Mengembangkan Masyarakat Desa dan Masjid

image_title
Ket: Rektor UMK, Muhammad Nur saat memberi sambutan di kegiatan pembekalan KKA, Sabtu (9/2/2019).
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) kembali melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Amaliah (KKA) pada dua daerah yakni Kabupaten Bombana & Kabupaten Konawe Selatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 45 hari, dimulai dari bulan Februari-Maret 2019.

    Ketua Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat UMK, Edy Hamka, menjelaskan, pelaksanaan KKA kali ini mengusung tema “Pengembangan Desa Berbasis Masjid”, tema ini diusung dengan harapan agar peserta KKA nantinya dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat di lokasi penempatannya, khususnya pengembangan masjid pada masing-masing lokasi pelaksanaan KKA.

    Sementara, Rektor UMK, Muhammad Nur berpesan, kepada mahasiswa-mahasiswi yang akan melaksanakan kegiatan KKA, diharapkan dapat menjadikan KKA tidak hanya sebagai kegiatan rutinitas tahunan belaka, tetapi menjadi kegiatan yang akan memberikan dampak positif kepada masyarakat.

    “Perlu di pahami kata “Amaliah” dalam hal ini mengartikan “Pengabdian”, dengan kata lain, mahasiswa yang melakukan kegiatan KKA tetapi tidak berkontribusi dalam pelaksanaannya sama saja dengan tidak melaksanakan kegitan tersebut, oleh karenanya saya pun berharap untuk setiap mahasiswa agar bersungguh-sungguh dalam proses pelaksanaan kegiatan KKA ini,” terang Muhammad Nur.

    Pelaksanaan KKA kali ini, diikiuti oleh 342 mahasiswa dari tujuh fakultas yang tersebar di 23 posko dari dua kabupaten, dan nantinya akan diadakan lomba pemilihan posko terbaik. (*)


    Penulis | Septiana