• Menumbuhkan Wawasan Kebangsaan Siswa Melalui Paskibraka

image_title
Ket: Ahmadi
  • Share

    BUMISULTRA

    Paskibraka, singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, merupakan sebuah organisasi yang memiliki peran penting dalam upacara peringatan kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Paskibraka adalah kelompok siswa-siswi terbaik yang direkrut dan dipilih melalui seleksi untuk mengibarkan dan menurunkan Bendera Pusaka pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

    Selain menjadi bagian dari tradisi peringatan kemerdekaan, Paskibraka juga memiliki peran strategis dalam menumbuhkan wawasan kebangsaan siswa. Paskibraka tidak hanya berfungsi sebagai pengibar bendera, tetapi juga sebagai lembaga pendidikan karakter kebangsaan.

    Melalui pelatihan intensif dan disiplin yang diterapkan, siswa Paskibraka diajarkan nilai-nilai kebangsaan seperti gotong royong, kejujuran, dan rasa tanggung jawab. Hal ini menciptakan lingkungan di mana siswa dapat memahami arti sebenarnya dari patriotisme dan kecintaan terhadap bangsanya.

    Partisipasi siswa dalam upacara bendera dan tugas-tugas Paskibraka memberikan pengalaman langsung tentang simbol-simbol nasional, sejarah perjuangan, dan nilai-nilai Pancasila. Ini membantu memperkuat identitas nasional siswa, memberikan mereka rasa bangga sebagai bagian dari negara Indonesia. Proses ini membentuk dasar yang kuat untuk mengatasi tantangan global dengan keberanian dan semangat kebangsaan.

    Paskibraka melibatkan siswa dalam berbagai aktivitas yang membangun kepemimpinan, mulai dari perencanaan upacara hingga pelaksanaan tugas-tugas protokoler. Proses ini tidak hanya mengembangkan keterampilan kepemimpinan, tetapi juga meningkatkan rasa tanggung jawab dan kepercayaan diri siswa.

    Kepemimpinan yang dihasilkan dari Paskibraka dapat menjadi modal berharga untuk menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan masyarakat dan bangsa. Paskibraka memberikan pengalaman berharga yang dapat meningkatkan rasa nasionalisme siswa.

    Melibatkan mereka dalam upacara peringatan kemerdekaan dan kegiatan-kegiatan patriotik lainnya, seperti kunjungan ke tempat bersejarah, membantu siswa memahami sejarah dan nilai-nilai yang membentuk Indonesia. Rasa bangga menjadi warga negara Indonesia akan muncul secara alami dan mendorong siswa untuk ikut serta dalam membangun dan memajukan bangsanya.

    Sikap Nasionalisme dapat ditanamkan tidak hanya melalui proses belajar mengajar di sekolah, melainkan juga ditanamkan melalui kegiatan di luar kelas. Salah satu aktivitas di luar kelas yang bisa menanamkan sikap nasionalisme adalah Paskibra (Najah, et., al., 2023).

    Diharapkan dari  sikap nasionalisme menumbuhkan  sikap cinta tanah air, kesiapan berkorban, rasa tanggung jawab terhadap negara, dan penghormatan terhadap simbol Negara.

    Paskibraka juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat dalam kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat. Melalui kegiatan seperti donor darah, bakti sosial, dan program-program kemanusiaan, siswa Paskibraka diajak untuk peduli terhadap sesama dan memahami bahwa kebersamaan dan kepedulian adalah nilai-nilai yang penting dalam membangun bangsa yang lebih baik.

    Menurut hemat penulis melalui pengamatan dilapangan dan riset, terlihat bagaimana Paskibraka dapat menjadi wahana untuk mengembangkan rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan pada siswa. Paskibraka mendorong penguatan identitas nasional, pembentukan kepemimpinan, peningkatan rasa nasionalisme, juga mendorong semangat kepedulian social.

    Paskibraka, dengan peranannya dalam peringatan kemerdekaan, tidak hanya menjadi bagian dari tradisi, tetapi juga merupakan lembaga pendidikan yang mampu menumbuhkan wawasan kebangsaan siswa.

    Melalui pendidikan karakter kebangsaan, penguatan identitas nasional, pembentukan kepemimpinan, peningkatan rasa nasionalisme, dan semangat kepedulian sosial, Paskibraka menjadi salah satu instrumen penting dalam membentuk generasi penerus yang cinta tanah air dan siap berkontribusi untuk kemajuan bangsa Indonesia.

    Penulis : Ahmadi, Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Kesbangpol Kabupaten Wakatobi.


    Penulis | redaksi