• Gambaran Umum Penyakit Stroke

image_title
Ket: Ilustrasi
  • Share

    BUMISULTRA

    Menurut WHO, stroke adalah suatu keadaan di mana ditemukan tanda klinis yang berkembang cepat berupa defisit neurologik lokal dan global, yang dapat memberat dan berlangsung selama 24 jam atau lebih dan atau dapat menyebabkan kematian tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain vascular.

    Manifestasi klinis penyakit stroke :

    • Senyum tidak simetris (mencong ke satu sisi), tersedak, sulit menelan air minum secara tiba-tiba.
    • Gerak separuh anggota tubuh melemah tiba-tiba.
    • Bicara pelo/tiba-tiba tidak dapat bicara & tidak dapat mengerti kata-kata/bicara tidak nyambung.
    • Kebas atau baal, atau kesemutan separuh tubuh.
    • Rabun, pandangan satu mata kabur, terjadi tiba-tiba.
    • Sakit kepala hebat yang muncul tiba-tiba dan tidak pernah dirasakan sebelumnya, gangguan fungsi keseimbangan, seperti terasa berputar, gerakan sulit dikoordinasi.

    Stroke merupakan penyakit yang tidak menular dan dikenal sebagai penyakit kronis. Penyakit tidak menular mempunyai durasi yang panjang dan umumnya berkembang lambat. Stroke merupakan salah satu dari empat jenis Penyakit Tidak Menular (PTM) penyebab utama kematian secara global dibandingkan penyakit lainnya. Empat jenis utama penyakit tidak menular menurut World Health Organization (WHO) adalah penyakit kardiovaskular (penyakit jantung koroner dan stroke), kanker, penyakit pernapasan kronis (asma dan penyakit paru obstruktif kronis), dan diabetes.

    Menurut data Riskesdas 2018, faktor risiko perilaku utama yang menjadi tantangan dalam upaya pengendalian Penyakit Tidak Menular di Indonesia adalah kurang konsumsi buah dan sayur, merokok, kurang melakukan aktivitas fisik, dan minum minuman beralkhohol.

    Faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap terjadinya penyakit Stroke. Misalnya, Polusi udara (PM 2.5) dapat meningkatkan risiko stroke dan mungkin bertanggung jawab atas beban stroke yang mencengangkan di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

    Untuk mencegah terkena penyakit tidak menular seperti stroke maka dianjurkan untuk setiap individu meningkatkan gaya hidup sehat dengan perilaku “CERDIK”, yaitu , Cek Kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres. (*)

    Penulis : Hisnaeni, Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kendari

     

     


    Penulis | redaksi




Berita Terpopuler