• Matador bukan Lagi Pembunuh Mematikan

image_title
Ket: Ahmadi
  • Share

    BUMISULTRA

    Bola itu bundar, di lapangan hijau bisa saja berubah strategi yg dibangun seorang pelatih sepakbola karena karakter bola yang dinamis menggelinding, tidak terkecuali dialami Louis Enrique, coach Tim Matador, Spanyol.

    Tim Matador tidak sekokoh Banteng yang Anda bayangkan.
    Karena yg di lawan dinihari tadi adalah racikan full Cattenaccio sebutan taktik pertahanan Grendel khas Italia. Juga diarsiteki sang 'Allenatore' Roberto Mancini . pria 56 tahun ini aktor utama yang menambah keperkasaan daya Grendel ala Tim Italia.

    Maka, Jangan Sepelekan taktik 'door bolt' atau taktik Grendel pintu yg menjadi tipikal pertahanan tim Azzuri yg mendunia ini.

    Di luar ranah Sepakbola , dari sisi marketing, jadilah negara Italia yang terkemuka dalam industri mode dunia bersama Paris, London dan New York. Ditambah lagi kemenangan semi final ini; Tim Italia masuk Final menunggu pemenang Inggris vs Denmark untuk merebut tahta bola di benua biru.

    Dikutip dari Wikipedia, kota mode umumnya memiliki subbudaya kuat yang mampu memberikan inspirasi dan menjadi tren, tidak hanya bagi kalangan profesional mode, namun juga bagi warga kota yang bersangkutan, dan mengubah gaya dan budaya jalanan mereka menjadi karakteristik penting.

    Bola tidak mengubah segalanya, tapi kemenangan Tim Italia mengkonfirmasi kepada dunia bahwa gaya, fashion, content hingga gaya dan bahkan warna rambut suporter sudah menjadi trensetter di banyak kota di Italia bahkan untuk Eropa.

    Italia juga dikenal sebagai negeri pizza, dan aktivitas rekreasi yang berdampak signifikan dan diakui secara internasional atas identitasnya yang unik dan kuat.

    Kemenangan Italia atas Spanyol lewat adu penalti ,

    Demikian memikat daya tarik wisata domestik dan internasional ke kota mode ini, kelihatan dari coretan wajah unik Suporter Tim Azzuri yg sangat fanatik--terdiri dari kalangan anakmuda dgn fleksibilitas tinggi berkontribusi terhadap perekonomian negeri pizza.

    Tentu di era pandemi yg belum juga berakhir hingga saat ini menjadi pembelajaran penting dan berharga bagi negara-negara di dunia bahwa lewat industri bola saja ( Euro2020) bisa mendorong maju nya sektor ekonomi dan pariwisata suatu negara tidak terkecuali negara Italia yg sudah duluan maju.

    Menariknya, Tim Spanyol meski kalah adu penalti dari Tim Italia, negeri matador sukses menjadi negara sanitasi dan tersehat di dunia, sementara negara Italia berada di urutan kedua negara tersehat di dunia tahun 2019 versi Indeks Negara Tersehat , Healthiest Country Index, Bloomberg. ( * )   

    Penulis : Alumnus Konsentrasi Pemasaran Magister Manajemen STIE66 Kendari


    Penulis | redaksi