• Dampak Covid-19 Bagi Kehidupan Masyarakat Termasuk Kesehatan dan Perekonomian

image_title
Ket: Nun Ashari
  • Share

    BUMISULTRA

    Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit covid 19 adalah penyakit menular yang di sebab kan  oleh virus corona  yang baru baru ini di temukan , sebagian besar orang yang terjangkit virus ini akan mengalami gejala ringan, hingga sedang dan bahakan ada yang tanpa gejala, dan virus ini akan pulih setelah 14 hari atau dua minggu, dengan penanganan medis atau pun bisa juga non medis, yaitu dengan cara , mencegah kesehatan, daya tahan tubuh menjaga pola makan dan beristirahat yang cukup, serta untuk sementara menghindari kontak dengan individu lain  untuk mencegah terjadinya penularan antar individu

    Adapun cara penyebaran virus ini  yaitu di transmisikan melalui droplet (percikan air liur) yang dihasilkan saat orang terinfeksi batuk, bersin, atau menghembusan nafas. Droplet ini terlalu berat dan   bertahan di udara sehinggah dengan cepat  jatuh dan menempel pada lantai atau permukaan lain nya.

    Nah  baiknya kita melindungi diri sendiri dan juga orang di sekitar kita dengan cara mengetahui fakta fakta terkait virus ini dan  mengambil langkah pencegahan yaang sesuai dengan  protokol kesehatan, Yaitu dengan cara sebagai berikut :

    1. Cuci tangan anda secara rutin. Gunakan sabun dan air , atau pun cairan pembersih tangan dengan bahan alkohol
    2. Selalu jaga jarak aman dengan seseorang yang sedang batuk atau bersin
    3. Kenakan masker jika pembatasan fisik tidak di mungkin kan
    4. Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut anda saat batuk atau pun bersin,tutup mulut dan hidung anda dengan tissu atau lengan
    5. Jangan keluar rumah saat merasa tidak enak badandan yang paling penting adalah
    6. Selalu menerapkan polah hidup sehat, menjaga kebersihan serta makan makanan yang bergizi

    Adapn dampak virus ini banyak berpengaruh pada kehidupan masyarat .termaksud pada dampak per ekonomian ,serta kesehatan. Contohnya saja pada kehidupan per ekonomian masyarakat, banyak masyarakat kecil yang kehilanagan pekerjaan nya, contoh nya para pedagang asongan atau pun pedanagang kecil yang berjuala di sekitar tempat keramayan, mengalami penurunan pendapatan akibat  sepi pengunjung yang di sebabkan oleh lockdown selama masa pandemi, banyak juga karyawan karyawan kecil yang terkena PHK karena  banyak rumah produksi yang usaha mulai sepi pengunjung.

    Harga bahan bahan pokok yang kian melunjak naik sehingga banyak masyarakat kecil yang tidak dapat memenuhi kebutuhan nya.

    Adapun pada kesehatan juga berdampak kurang baik atau bahkan bisa di katakan buruk karena akibat adanya virus ini masyarakat menjadi rentan terserang gejala gejala seperti batuk, flu dan lain lain . juga akibat ada nya rumor penyakit ini , banyak masyarakataa yang menjadi tertekan sehingga mengakibatkan imun atau kekebalan tubuh menurun dan menyebabkan rentan terjena penyakit apapun. (*)

    Penulis : Nun Ashari, Mahasiswa Poltekkes Kendari

     

     


    Penulis | redaksi




Berita Terpopuler