• Pemuda Melek Politik Kunci Keberhasilan Demokrasi

image_title
Ket: Muhammad Luhfi
  • Share

    BUMISULTRA

    Peran politik pemuda saat ini sudah tidak dapat dipungkiri, berapa banyak kaum pemuda yang kini banyak memberikan kontribusi dan peranya dalam tatanan negara yang demokratis saat ini.

    Hal ini juga tidak luput dari perhatian oleh salah satu mahasiswa Universitas Haluoleo (UHO) Luhfi yang merupakan mahasiswa sastra sebagimana dalam titipan catatan politiknya.

    Saya ingin mengawali tulisan ini dengan sabda Nabi,"jauhilah pintu -pintu penguasa dan kaki tanganya, karena orang yang paling dekat dengan pintu penguasa dan kaki tanganya adalah yang paling jauh dari Tuhan", tetap ia juga memuji penguasa yang adil.

    Beliu bersabda, "diantara yang dilindungi Tuhan pada hari ketika tidak ada perlindungan kecuali perlindunga NYA adalah penguasa yang adil. Penguasa adalah bayangan Tuhan dibumi. Dengan Kekuasanya orang lemah dilindungi dan orang yang tertindas dibela"

    Perspektif historis telah cukup terang memperlihatkan keterlibatan pemuda dalam proses perjalanan panjang politik Indonesia. Generasi muda pra kemerdekaan telah menghabiskan waktu mereka untuk mengurusi masalah -masalah yang murni bersifat politik. Baik menyangkut kemerdekaan, melawan imperialisme dan gerakan - gerakan sosial lainya sering kali manifestasinya bersifat non - kooperatif terhadap pemerintah hindia Belanda.

    Lalu bagaimana peran politik pemuda saat ini ? (Masing - masing kita ada jawabanya) jika diberi kesempatan penulis hanya ingin menitip catatan, "politik adalah jalan untuk berkontribusi besar terhadap rakyat sehingga menjaga idealisme bukan dengan cara berada diluar garis politik tetapi bertahan dan merawat saat berada dilingkaran politik".

    Menentukan pilihan secara independen adalah hak dan kewajiban tiap - tiap warga Negara atas berbagai pertimbangan yang dilakukan sama halnya dengan, "barisan pemuda pemerhati rakyat Koltim", yang salah satu dasarnya karena potensi terbesar Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah pertanian dan perkebunan maka visi, Unggul dibidang agrobisnis  ideal untuk diperjuangkan sehingga meletakan kepercayaan Lima tahun kedepan kepada H. Tony Herbiansyah - H. Baharuddin menjadi pilihan yang tepat. (*)

    Penulis : M Luhfi, Mahasiswa Sastra UHO.


    Penulis | Irwandar