• Visi Misi dan Program Kerja Calon Kades Lainea Periode 2020-2026

image_title
Ket: Indra Paraminsi Rahman
  • Share

    BUMISULTRA

    Bissmillahirrahmanirrahim

    Segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. Tuhan yang Maha Esa,berkat hidayah dan karunia Nya saya dapat menyusun Visi, Misi dan Program Kerja Pemerintah Desa Lainea sebagai persyaratan dalam Pencalanan Sebagai Kepala Desa Lainea Periode 2020?2026

    Apabila Allah SWT menghendaki dan sebagian besar warga masyarakat Desa Lainea memberikan saya kesempatan untuk menjadi Kepala Desa Lainea Kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan untuk periode 2020-2026 yang merupakan Periode Pertama bagi saya, tentu Visi Misi dan Program Kerja Pemerintah Desa adalah merupakan penyempurnaan dari Visi, Misi dan Program Kerja Pemerintahan terdahulu.

    Saya bertekad untuk mempertahankan segala program yang telah berjalan dan terlaksana dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta akan memperbaiki segala program kerja yang dianggap masih perlu ada perhatian serius dan peningkatannya kearah yang lebih dengan baik.

    Kepala Desa sebagai Kepala Pemerintahan dihadapkan pada tantangan yang semakin berat dalam upaya peningkatan kesejahteraan warga masyarakat di berbagai bidang baik penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel dan transparansi, pembangunan fisik/non fisik, pembinaan kemasyarakatan serta pemberdayaan masyakarakat.

    Hal ini mengingat bahwa pembangunan yang baik adalah pembangunan yang mengedepankan fungsi keadilan, berkesinambungan serta berkeseimbangan dalam segala bidang. Oleh karena itu dalam penyusunan Visi, Misi dan Program Kerja Pemerintah ini berbagai aspek menjadi bahan pertimbangan, terutama dengan melihat keanekaragaman potensi Sumber Daya Alam dan SDM yang dimiliki serta berbagai latar belakang sosial ekonomi masyarakat Desa Lainea.

    Dengan demikian dukungan dan masukan seluruh masyarakat sangat di harapkan untuk mewujudkan visi misi yang akan saya canangkan dalam pelaksanaan pemerintahan di Desa Lainea, yang mana dalam Visi, Misi dan Program Kerja Pemerintah Desa Lainea Periode 2020-2026 yang terpenting adalah agar didalam melaksanakan Kegiatan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan dapat diperlakukan adil dan lebih baik dalam segala hal.

     

     PENDAHULUAN

    Desa Lainea sebagai bagian dari Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan tentu saja dalam penyusunan Visi, Misi dan Program Kerja Pemerintah Desa Lainea akan selalu selaras dengan Visi dan Misi Kabupaten Konawe Selatan  dan juga Visi Misi Pemerintah Prov. Sulawesi Tenggara.

    Penerapan Visi dan Misi Pemerintahan Desa Lainea Periode Tahun 2020 ? 2026 akan  memperhatikan kebijakan dan kearifan lokal serta kemampuan dan adatistiadat setempat dengan pertimbangan utama faktor keseimbangan, kewilayahan dan Sumber Daya Manusia baik Aparatur Pemerintahan Desa Lainea dan mayoritas lapisan masyarakat yang lebih luas. 

    Keanekaragaman latar belakang pendidikan, mata pencaharian dan lain-lain harus dapat dipersatukan dalam suatu Visi yang menyentuh semua kalangan, dan seluruh lapisan masyarakat harus dapat mengerti makna Visi yang dibuat dan terlebih harus dapat merasakan manfaatnya dalam peningkatan kesejahteraan pada umumnya. Oleh karenanya unsur transparansi dan partisifatif dari warga masyarakat luas juga harus menjadi bahan pertimbangan utama dalam penyusunan Visi, Misi dan Program Kerja Pemerintahan Desa Lainea.

    Hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam penyusunan Visi, Misi dan Program KerjaPemerintahan Desa ini adalah Kwalitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada baik di lingkungan Aparatur Pemerintah, maupun pada warga masyarakat secara keseluruhan. Karena dengan Sumber Daya Masyarakat yang lebih baik dan memadai diharapkan akan meningkatnya pelayanan pemenuhan kebutuhan administrasi seluruh lapisan masyarakat dan melaksanakan tugas-tugas lainnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

     V I S I

    Dengan mengucap Bissmillahirrahmanirrahim, Saya sebagai Calon Kepala Desa Lainea Kecamatan Lainea Kab. Konawe Selatan, dengan berbagai pertimbangandan dengan Ketetapan Hati demi terwujudnya Desa Lainea yang lebih maju dan lebih baik di berbagai bidang secara menyeluruh untuk seluruh lapisan masyarakat Desa Lainea, menetapkan Visi Desa Lainea Kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan Periode 2020 – 2026 sebagai berikut :

     ?Terwujudnya Desa Lainea yang lebih Maju, Berprestasi, Berbudaya dan Kreatif, melalui Peningkatan Sumber Daya Manusia, pengelolaan sumber daya alam dengan maksimal, Kemampuan Ekonomi dan Kepedulian Sosial Masyarakat dan Pemantapan Pembangunan di Berbagai Bidang, berlandaskan Religius, Kultural dan Budaya Daerah.?

     M I S I :

    1. Meningkatkan Profesionalisme Pelayanan Publik ;
    2. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia bagi Aparatur Pemerintahan Desa ;
    3. Meningkatkan Pembangunan Fisik dan Non Fisik di berbagai Bidang ;
    4. Menumbuh kembangkan dan Melestarikan Seni dan Budaya;
    5. Meningkatkan Ketersediaan dan Kualitas Infrastruktur Pemerintahan Desa ;
    6. Penertiban Administrasi Pemerintahan Desa ;
    7. Meningkatkan Partisifasi Swadaya Masyarakat dan Sektor Swasta dalam Kegiatan Pembangunan dan Kegiatan Kemasyarakatan Desa ;
    8. Menggali Potensi Desa dalam rangka Peningkatan Pendapatan Asli Desa ;
    9. Meningkatan kerukunan kerjasama antar Lembaga Desa ;
    10. Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat dan Kemampuan Daya Saing Sosial Ekonomi ;
    11. Meningkatkan Kepedulian Sosial Masyarakat.

    PROGRAM KERJA  PEMERINTAH DESA LAINEA KECAMATAN LAINEA PERIODE 2020 ? 2026

     Bidang Pemerintahan

    1.Program Pembangunan di Bidang Pemerintahan diantaranya adalah berupa pembinaan Aparatur Desa dengan melaksanakan kegiatan pelatihan dan bimbingan secara intensif baik dengan mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Daerah dan Kecamatan maupun pihak lainnya, bahkan dengan mengadakan kegiatan pembinaan dan bimbingan  secara mandiri sehingga segala Perkembangan Arah Kebijaksanaan Pemerintah Pusat, Daerah Propinsi, Daerah Kabupaten, maupun Desa akan terus teraktualisasikan. Sehingga pada gilirannya nanti Perangkat dan unsur Penyelenggara Pemerintahan Desalainnya selalu siap untuk melaksanakan pelayanan yang profesional terhadap masyarakat dengan pengetahuan yang mereka miliki.

    2.Melaksanakan penertiban - penertiban di bidang administrasi perkantoran, mempersiapkan pembukuan yang lebih kongkrit, juga melaksanakan penertiban administrasi di tingkat RT dan RW se-wilayah Desa Lainea yang masih kurang memadai dan kurang komplit, juga akan lebih mengoptimalisasikan peranan dan fungsi Kelembagaan Desa untuk menggali potensi dan memperdayakan lingkungan disekitarnya, manusia atau alamnya yang dapat diusahakan sehingga penyelenggaraan Pemerintahan Desa akan senantiasa terus berkembang dan dibantu dengan adanya penghasilan dari hasil usaha desa dan bantuan dari Pemerintah yang dapat menunjang penghasilan Perangkat dan Kelembagaan Desa lainnya dalam rangka melaksanakan kegiatan desa.

    3.Melaksanakan kerjasama yang harmonis dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Propinsi maupun dengan Instansi terkait yang ada diWilayah Pemerintahan Desa Lainea.

    4.Menjalin kemitraan dengan para investor, donator dan pihak ketiga untuk menggali dan memperdayakan potensi alam yang ada di Desa Lainea, serta dalam kegiatan pembangunan infrastruktur perdesaan selain dari anggaran yang bersumber dari Pemerintah Pusat dan Daerah.

    5.Melakukan perjanjian-perjanjian kerjasama dengan Pihak Swasta, BUMN dan BUMD yang saling menguntungkan sehingga diharapkan perekonomian warga masyarakat akan meningkat secara signifikan.

    6.Melaksanakan Kegiatan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) seperti Kegiatan Upacara, Perlombaan dan Pentas Olah Raga dan Kesenian serta mengikuti kegiatan-kegiatan PHBN lainnya yang diadakan oleh Pemerintah Propinsi, Kabupaten dan Kecamatan.

    Bidang Pembangunan

    Pembangunan Fisik

    Dalam pelaksanaan Kegiatan Pembangunan khususnya di bidang Fisik Pemerintah Desa dan Kelembagaan akan menampung Aspirasi Masyarakat dimana masih banyak pembangunan-pembangunan ditingkat RT/RW yang belum tersentuh oleh bantuan-bantuan atau Subsidi Desa, Pemerintah Kabupaten atau dari Pemerintah Propinsi Sulawesi Tenggara, Pemerintah Desa dan Kelembagaan yang ada dengan menginventarisirnya melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Desa Lainea (MusrenbangDesa) pada setiap awal Tahun Anggaran yang akan melahirkan 3 (tiga) KebijakanPokok, yaitu :

    1) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) di awal masa jabatan KepalaDesa.

    2) Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) Pada awal Tahun Anggaran.

    3) Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) Tahunan Yang kesemuanya bersumber dari :

    1. Dari Dana Desa (APBN)
    2. Dari Alokasi Dana Desa (APBDKab)
    3. Dari Pendapatan Asli Desa (PADes)
    4. Bantuan dan Program Pemerintah (Kab/Prov/Pusat)
    5. Dari Partisipasi Pihak Swasta, BUMN, BUMD dan Pihak Lainnya
    6. Dari Swadaya Masyarakat

     Pembangunan Non Fisik

    1. Melaksanakan Pembinaan dan Pelatihan dalam rangka meningkatkan Kinerja dan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Kelembagaan yang ada LPMD, PKK Karang Taruna dan kelembagaan lainnya di Desa Lainea.
    2. Senantiasa Berupaya dalam mengentaskan kemiskinan dengan membantu peningkatan kemampuan ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat.
    3. Melaksanakan Pembinaan Perlindungan Masyarakat (LINMAS) dalam rangka meningkatkan Kamtibmas.

    d.Pembinaan Moral dan Keagamaan dengan seringnya melaksanakan Pengajian rutinbagi Aparatur Pemerintahan Desa, Lembaga Desa serta warga masyarakat pada umumnya yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Desa (MUI Desa)/Imam Desa dan Pokja-pokja PKK Desa.

    1. Pengembangan Kreativitas dan Keterampilan Kerja khususnya bagi Remaja dengan Pembinaan dan Pengembangan Karang Taruna Desa serta dalam upaya mengurangi jumlah pengangguran.
    2. Meningkatkan Pengetahuan dan Pendidikan Agama di Mesjid-Mesjid bagi Anak-anak dan dewasa.

     Bidang Kemasyarakatan

    Bidang Kemasyarakatan dibagi dalam Tiga Program secara Subsektornya Kepala Urusan Kemasyarakatan dan dibantu oleh LPMD dan PKK serta Majelis Ulama Desa diantaranya adalah :

    1.1 Bidang Keagamaan

    Disamping bantuan pengadaan dan perbaikan Sarana dan Prasarana Keagamaan, Kepala Desa Lainea akan menfasilitasi terbentuknya kepengurusan Majelis Ulama Desa Lainea yang sesuai dengan Fungsi, Kewajibannya serta Tugas Pokok MUI Desa Lainea, yaitu sebagai berikut :

    1. Mengarahkan semua Kegiatan Keagamaan khususnya Agama Islam di Satu Wadah yaitu Majelis Ulama Indonesia Desa Lainea dan menginventarisir semua kegiatan sehingga arah kebijakan Pemerintah Desa tentang Fungsi Keagamaan dapat diketahui sejauhmana keberhasilannya.
    2. Berupaya menfasilitasi peningkatan pembangunan sarana tempat ibadah.
    3. Meningkatkan Kegiatan Forum Silaturahmi dan keagamaan seperti Majelis Ta?lim dan meningkatkan pembinaan -pembinaan terhadap Remaja Masjid yang ada.
    4. Berupaya mendukung penggalangan dana Penyelesaikan Kegiatan Pembangunan Masjid Desa Lainea yang ada di Lokasi Desa Lainea, serta mengoptimalkan penggunaan sebagai salah satu aset yang ada di wilayah Desa Lainea.

    1.2 Bidang Pendidikan

    Dalam mensukseskan Program Wajib Belajar 9 Tahun bagi warga belajar di DesaLainea, Pemerintah Desa Lainea mencanangkan akan melaksanakan beberapakegiatan untuk menunjang Kegiatan Pendidikan Masyarakat :

    1. Mendukung Pelaksanaan Pembangunan / Perbaikan Sarana dan Prasarana Pendidikan, seperti Pengrehaban Gedung Sekolah Dasar, Pembangunan sararana PAUD yang ada di Wilayah Desa Lainea.
    2. Melayani permintaan orang tua murid yang kurang mampu dan akan / sedang menyekolahkan anaknya dalam upaya mendapatkan pembebasan / keringanan biayapendidikan (beasiswa).
    3. Menunjang Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Program Kesetaraan (paket A, B, danC) bagi warga masyarakat Desa Lainea.
    4. Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) akan dianggarkan untuk Peningkatan Pendidikan Dasar sebagai berikut:
    • Bantuan Penyelenggaraan PKBM sebagai penyelenggara Paket Kesetaraan (A, B dan C).
    • Bantuan Sarana Pendidikan Bagi Siswa Kurang Mampu.
    1. Bantuan Pembangunan fisik sarana dan prasarana bagi Sekolah-sekolah yang ada diwilayah Desa Lainea.

     1.3 Bidang Kesehatan

    Pemerintah Desa Lainea dalam pencanangan Program Desa Sehat, akan bekerjasama dengan PKK, Penyuluh Lapangan KB dan KBPP Kabupaten, serta LPMD bidang Kesehatan dan Lingkungan untuk melaksanakan beberapa kegiatan dan perbaikan diantaranya :

    1. Melaksanakan pembenahan saluran airnya (drainase) juga menyalurkan genangan-genangan air kotor, kegiatan penanganan sampah disekitar tempat tinggal merekaapalagi menjelang musim hujan, terutama dalam penanggulangan berbagai wabah penyakit.
    2. Melakukan kegiatan pembabatan rumput liar disepanjang jalan utama dan jalan Kampung secara rutin dengan menggunakan mesin babat rumput inventaris Desa Lainea.
    3. Mengintruksikan kepada Masyarakat agar menyediakan Ventilasi Udara supaya keadaan rumahnya senantiasa menghirup udara segar.
    4. Melalui Pokja PKK Desa, meningkatkan Pelayanan Pos Pelayanan Terpadu dan mendatabeberapa Ibu yang mengikuti Program Keluarga Berencana dan meningkatkanPelayanan Kesehatan Bayi dan Balita.
    5. Meningkatkan Kerjasama dan melakukan Koordinasi dengan Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Lainea.
    6. Membantu dalam pengoptimalan Pelayanan Jamkesmas dan Gakinda bagi warga yangbenar-benar tidak mampu.
    7. Melakukan Pendataan dan Penyuluhan Kesehatan seperti :
    8. Pendataan Kembali Warga / Keluarga Pra Ks dan Ks. I / II
    9. Pendataan Wilayah Rawan Terjangkit Wabah Penyakit
    10. Pendataan Kebutuhan Program Imunisasi Balita
    11. Pendataan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk pengajuan bantuan rehab ketingkat Kabupaten.
    12. Menyebarluaskan Informasi tentang penanggulangan bahaya Demam Berdarah dan Nyamuk Malaria.
    13. Mengintruksikan agar menyediakan Sarana P3K di rumah-rumah yang dianggapRawan Penyakit.
    14. Dari APBDes, Desa Lainea mengganggarkan untuk bidang kesehatan yaitu :
    15. Bantuan Penunjang Ke Rumah Sakit bagi Gakinda
    16. Penunjang Kegiatan Posyandu
    17. Bantuan Kegiatan Pos KB Desa
    18. Pemberian Makanan Tambahan bagi Balita
    19. Program Kesehatan dan Kesejahteraan bagi Jompo.

     1.4 Bidang Sosial Budaya

    Dengan tujuan peningkatan kepedulian sosial, Kami akan membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi berbagai pihak terutama pihak swasta, pengusaha dan golongan yang mampu untuk dapat meningkatkan kepedulian sosial dengan berbagai kegiatan yang akan sangat membantu sesama warga masyarakat terutama golongan yang kurang mampu. Kegiatan tersebut dapat berupa pengobatan gratis, khitanan masalataupun bantuan sembako.

    Bidang Budaya yang akan lebih banyak diprogramkan adalah dalam rangka memelihara, memajukan dan menumbuhkembangkan seni dan budaya Tolaki, dengan harapan seni budaya Tolaki ini semakin maju dan semakin dicintai oleh warga masyarakat. Setiap ada kesempatan yang bisa dipergunakan seperti PHBN dan Peringatan-peringatan lainnya, kami akan berusaha dapat menampilkan seni budayaTolaki dengan tujuan agar dapat menghibur warga masyarakat dan juga dapatmenjadikan seni dan budaya Tolaki ini lebih lestari, dicintai dan dibanggakan oleh warga masyarakat.

    Selain itu masih dalam rangka pelestarian seni dan budaya Tolaki ini, maka perludiusulkan kepada sekolah-sekolah untuk mengadakan kegiatan ekstra kurikuler berupakesenian Tolaki seperti kesenian musik bambu, tarian mondotambe, modinggu, umoara, lulo orisinal dan lain-lain. Kamipun akan senantiasa mendukung keberadaan sanggar seni, padepokan dan sebagainya agar senantiasa tetap berdiri dan diminati oleh warga masyarakat terutama generasimuda. 

     PENUTUP

    Demikian pemaparan Visi, Misi dan Program Kerja ini kami sampaikan dengan harapan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) selama 6 (enam)Tahun kedepan akan lebih terarah dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat secara adil dan berkesinamambungan.

    Apabila Allah SWT mengijinkan dan saya dapat terpilih menjadi Kepala Desa Lainea, maka dengan berlandaskan penyerapan aspirasi seluruh lapisan warga masyarakat melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes), makalah ini akan menjadi dasar terhadap penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang nantinya akan lebih terperinci dalam Rencana Kerja Pemerintahan (RKP) Tahunan. RPJMDes adalah rencana kerja selama 6 (enam) Tahun ke depan (2020 - 2026) yang akan segera disusun setelah pelantikan sebagai Kepala Desa terpilih dengan berdasarkan kepada Visi, Misi dan Rencana Kerja yang kami buat ini. Sehingga Visi, Misi dan rencana Kerja Pemerintahan ini bukan sekedar untuk melengkapi persyaratan sebagai bakal calon Kepala Desa, melainkan akan menjadi bahan acuan / dasar dalam menentukan langkah  Pemerintahan Desa Lainea selama enam tahun kedepan secara adil, merata dan berkeseimbangan.

    Akhirnya dengan segala keterbatasan dalam pembahasan dan uraian  tentang Visi, Misi dan Rencana Kerja ini, kami berharap agar pada akhirnya tujuan kita bersama untuk membangun Desa Lainea secara adil dan merata dan menciptakan Desa Lainea yang lebih maju dan mandiri dapat segera tercapai. Hal ini sesuai dengan Visi : ?Terwujudnya Desa Lainea yang lebih Maju, Berprestasi, Berbudaya danKreatif, melalui Peningkatan Sumber Daya Manusia, Kemampuan Ekonomi dan Kepedulian Sosial Masyarakat dan Pemantapan Pembangunan di Berbagai Bidang berlandaskan Religius, Kultural, dan Budaya Daerah.?

     Wassalam

     Penulis : Calon Kepala Desa Lainea, Indra Jaya Paraminsi Rachman 

     


    Penulis | Ali Rasyid