• Pahlawan Tanpa Jasa, Usia Diambang Senja

image_title
Ket: Ilustrasi
  • Share

    BUMISULTRA

    Memperingati hari Guru Nasional ke-74 tahun  2019, sebagai seorang guru mencurahkan sekelumit kehidupan guru yang konon sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, tapi usia sudah diambang senja. 

    Salah satu poin curahan guru diantaranya :

    1. Para guru diseluruh tanah air msh sering mendapat tekanan-ketidakadilan dan intimidasi

    2. Kesejahteraan guru masih jauh panggang dari api..artinya dibesar-besarkan untuk memperoleh tunjangan sertifikasi, tapi ditengah kebutuhan biaya hidup dan inflasi gejolak ekonomi, kebanyakan guru tidak berkutik mengatasi masalah ekonomi& ketidakberdayaan.

    3. Yang bisa memperjuangkan nasib guru adalah guru itu sendiri atau komunitas guru/ orprof. Organisasi Profesi Guru bisa PeGe eRI bisa IGI yg msh bisa dipercaya 'tajinya' untuk memperjuangkan nasib guru di tanah air.

    4. Tuntaskan dan angkat guru honorer.

    ADA cerita guru honorer di suatu daerah, didapati mengajar cucunya sendiri- Parahnya ada guru pasca diklat dan terima SK 100 beberapa bulan terima gaji langsung purna bhakti alias pensiun. Maknanya adalah Guru Honorer ini termakan usia gegara mengejar nasib dan mencari sesuap nasi sekadar demi mempertahankn hidup .

    5. Anehnya juga guru sering dipolitisir terkait Pemilu dan Pilkada yang tentu ini berdampak kurang bagus terhadap kinerja dan profesionalitas seorang guru.

    Kalau ini tidak dilakukan pemerintah segera dan prioritas, maka guru-guru yang jumlahnya jutaan ditambah honorer yang hampir jutaan jumlahnya itu itu akan memasang Mata- Telinga- Dan Berzikir kepada Allah SWT sekuat-kuatnya meminta pemimpin yang dikehendaki guru dikemudian hari.

    5. Guru hanya salah satu bagian komponen bangsa ini, tapi  pemerintah mesti jeli menganalisis setiap detil permasalahan bangsa ini. Membesarkan jiwa guru dan memerdekakan pikiran guru sama halnya membesarkan bangsa. Karena ia , adalah bagian terbesar investasi membangun pendidikan dan peradaban.bangsa.

    Semoga pemerintah mencamkan!
    ''GURU PENGGERAK INDINESIA MAJU''

     

    Penulis : Ahmadi,  Guru  SMA Negeri 1 Kendari, Mahasiswa S2 Konsebtrasi SDM di STIE 66 Kendari 


    Penulis | Redaksi