• Apa Itu Bunuh Diri ?

image_title
Ket: Agustina Doren
  • Share

    BUMISULTRA

    10 September diperingati sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri. Tidak Banyak yang mengetahui namun tidak sedikit juga yang melupakan akan hari ini. Mungkin karena sebagian kita kurang mengetahui informasi akan hari hari kesehatan atau Kita memang tidak peduli dengan hal yg tidak begitu meriah atau sebagainya.

    Banyak pengertian tentang apa itu BUNUH DIRI salah satunya menurut Emile Durkheim dalam bukunya yang berjudul "Suicide" menjelaskan bahwa bunuh diri adalah suatu tindakan manusia yang lebih memilih Kematian daripada kehidupan dunia. Durkheim menjelaskan bahwa setiap individu memiliki alasan sendiri Kenapa Dia bunuh Diri.

    banyak alasan yang mungkin bisa dikatakan menunjuk titik-titik kelemahan individu yang berambut, yang menjadi tempat masuk termudah bagi arus yang ada di luar Dirinya yang mengandung Dorongan untuk menghancurkan dirinya sendiri.pada Intinya Emile Durkheim ingin Menyatakan bahwa Bunuh Diri adalah faktor diluar dirinya atau karena pengaruh lingkungan masyarakat Dan bukan semata-mata dari diri Nya sendiri.

    Saya pribadi punya pandangan tersendiri terkait apa Itu bunuh diri. Menurut saya BUNUH DIRI adalah Tindakan merusak diri sendiri, menghukum diri sendiri yang mengakibatkan kehancuran dalam Kehidupan kita Dan merupakan tindakan yang sangat dilarang oleh ajaran Agama. Banyak faktor yang menjadi penyebab dari tindakan Bunuh Diri.T etapi adalah faktor yang memang sangat menjadi penyebab utama terjadinya bunuh diri.  Saya tidak mau mengambil faktor yang terlalu Jauh dari lingkungan sekitar kita dan bahkan didepan mata kita.

    Salah satu faktor penyebab Nya adalah:

    1. Gangguan Psikologis.
    Seorang yang mengalami gangguan Psikologis misalnya depresi berat Atau kesedihan yang mendalam yang selalu menganggap hidup nya gelap, membosankan, tidak diperhatikan, merasa hidup sendiri dengan segudang penderitaan yang menurut dia di dunia Ini hanya dia yang punya masalah. Saya mengambil contoh kecil yang kadang dianggap sepele ialah syndrom "BABY BLUSH"syndrom ini terjadi ada seorang Ibu usai persalinan.  Dimana seorang ibu merasa tidak percaya diri mengurus bayinya , merasa tidak di perhatikan oleh suami atau keluarga. 

    Banyak larang tidak boleh ini Itu, bahkan banyak lagi kesedihan Yg terjadi, jika Kita tdk bisa melawan BAby BLUSH ini maka bisa jadi seorang ibu melakukan Tindakan Bunuh Diri. penderitaan inilah yang dijadikan Beban sehingga untuk terlepas dari beban Itu maka jalan terbaik adalah BUNUH DIRI.

    2. Tekanan dari Lingkungan sekitar.
    Lingkungan sangat mempengaruhi seseorang melakukan Tindakan bunuh Diri.hal ini bisa berawal Dari dalam rumah.misalnya seorang anak dengan aturan dan Larangan dalam rumah yang membuat anak merasa Tertekan dan tidak punya ruang gerak untuk mengeluarkan segala sesuatu yang ada Dalam dirinya sehingga baginya bunuh diri adalah cara yang tepat untuk membebaskan dirinya.

    (Salah satu Anak teman saya bunuh diri dikamarnya karena tekanan orang tuanya). adapun diluar rumah yaitu lingkungan pergaulan dimana seseorang terlalu sering mendapatkan hinaan, atau yang biasa disebut "Dibully". Karena terlalu sering dihina, dibully seseorang akan terus mengganggap dirinya tidak berguna ,merasa tidak berkawan sehingga untuk membebaskan diri dengan kondisi itu, Bunuh Diri adalah cara terbaik.

    3. Ekonomi 
    Tidak sedikit seseorang Depresi Dan berujung Bunuh Diri yang di sebabkan oleh Faktor Ekonomi.contohnya seorang yang memiliki banyak kekayaan, gaya hidup yang Luar biasa tiba Tiba Jatuh miskin dan memiliki Banyak tanggung jawab kepada orang lain.meReka merasa Bunuh Diri adalah cara yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ekonomi ????

    4. Perlakuan Terhadap sesama.
    Dalam hal Nya berteman Tidak semua teman Itu Baik dan tdk semua teman Itu tidak baik.tetapi Disini saya ingin menuliskan bahwa memperlakukan Teman Dengan tidak baik Bisa membuat teman Kita melakukan Tindakan Bunuh Diri salah satu contoh Jika seseorang diberikan jalan untuk menggunakan obat-obatan terlarang hal ini merupakan salah satu faktor Yg mempengaruhi tindakan bunuh diri.

    Ini adalah 4 Faktor yang mewakili dari banyaknya Faktor penyebab Dari Tindakan Bunuh Diri. Empat Faktor yang menurut saya dan saya jabarkan sesuai pikiran dan bahasa saya hari Ini adalah Hari Pencegahan Bunuh Diri,

    Nah bagiamana Kita mencegah Tindakan Bunuh Diri ?
    Banyak Hal yang Bisa Kita lakukan diantaranya:

    1. Mencintai Diri Sendiri

    2. Menghargai Diri Sendiri

    3.Selalu Bersyukur dengan apa yang kita Miliki Saat ini dan tetap bahagia dengan apa yang terjadi pada Kita Saat ini.

    4. Belajar untuk membuka diri dan bersosialisasi dengan lingkungan dan sesama

    5. Menyerahkan segala Perkara Hidup ini Pada yang Tuhan yang memiliki Kuasa Atas segalanya.

    Dan untuk sahabat yang baik dan punya rasa peduli lakukanlah hal ini untuk sahabat mu:

    1. Jadilah pendengar yang baik, seorang Sahabat ingin di dengarkan.

    2. support dan berikan semangat serta kekuatan kepada sahabat mu Saat dimana Dia merasa sendiri Dan tak berdaya.

    3. Jadilah pemberi solusi terbaik bagi sahabat mu.Berikan solusi dari masalah Yang menurut Dia tidak ada jalan keluar Nya lagi.

    Demikian Tulisan kecil saya untuk memperingati Hari "PENCEGAHAN BUNUH DIRI".Semoga kita terus belajar untuk mencintai diri kita dan terus belajar menjadi pribadi yang Selalu bersyukur dengan apa yang ada pada diri kita dan yang kita miliki.

    "Love your personality, then something extraordinary will be born" (*)

    Penulis : Aktivis dan Bidan,  Agustina Doren 


    Penulis | redaksi