• H-4 Pemilu, Bawaslu Wakatobi Rakor Penertiban Alat Peraga Kampanye

image_title
Ket: Ketua Bawaslu Wakatobi, La Hudia (tengah) saat memberi sambutan Rakor penertiban alat peraga Kampanye dan bahan Kampanye di Dasita Resort pada Sabtu (10/02)
  • Share

    BUMISULTRA

    WAKATOBI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara mengelar rakor penertiban alat peraga kampanye. Kegiatan dipimpin langsung ketua Bawaslu, La Hudia di Dasita Resort pada Sabtu (10/02/2024)

    Hadir Perwakilan TNI dan Polri, Pimpinan Partai Politik, LO DPD Sultra, unsur media online serta eks komisioner Bawaslu, La Ode Arifin dan La Ode Januria.

    Dalam sambutannya, ketua Bawaslu La Hudia menyebut rakor dimaksudkan sebagai himbauan peserta Pemilu serta pihak media berkenaan penertiban alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) dimasa tenang

    "Sebab besok masuk masa tenang jadi tidak boleh lagi menyebaran kampanye termasuk di media massa.
    Kampanye media online, ketentuannya 21 hari sebelum memasuki masa tenang dan ada potensi pidana jika itu dilakukan peserta kampanye", sebutnya

    Ia menyarankan jika ada caleg meminta diberitakan terkait visi misinya agar tidak dimuat. Himbauan juga bersamaan partai politik usai dilakukan pertemuan bersama KPU setempat.

    "Semalam sudah dilakukan pertemuan dan sudah ada kesepakatan terkait penertiban APK. Sehingga seupaya mungkin APK ditertibkan secara mandiri", sambungnya.

    Selanjutnya kata dia, pihaknya bersama-sama Satpol.PP akan melakukan tindakan penertiban APK jika masih tersisa setelah pemberlakuan masa tenang.

    "Semua tujuannya agar tetap tenang, kita semua aman jelang Pemilu serentak 2024 ini", paparnya.

    Senada penjelasan itu, Kasat Intelkam Polres Wakatobi, Awaluddin. Ia meminta pihak partai politik selaku peserta Pemilu bersama-sama terlibat dalam ketertiban dan keamanan

    Kendati, posisi Polri bukan bagian penertiban APK namun pihaknya mendukung penuh Bawaslu dan Satpol.PP melakukan pencopotan APK.

    "Semoga pesta demokrasi berjalan aman dan tertib, Jika ada komplain sesuaikan alur aturan berlaku", pintanya.

    Sementara itu,perwakilan Koramil,Arifudin. Pihaknya tak terpisah bersama-sama Polri melakukan pendampingan dan pengawalan baik saat penertiban APK maupun logistik Pemilu sesuai jadwal bakal disalur esok hari ke Wakatobi dua (Kaledupa, Tomia dan Binongko).

    "Besok kami bersama-sama Polri, TNI AL akan mengawal penyaluran logistik ke Wakatobi dua, kami sebanyak sebanyak 6 personil", tutupnya. (*)


    Penulis | La Ilu Mane






































VIDEO