• Menjaga Keutuhan Bangsa: Tantangan dan Harapan di Pemilu 2024

image_title
Ket: Ahmadi,S.Pd
  • Share

    BUMISULTRA

    Pemilu 2024 adalah momentum untuk mempromosikan iklim demokrasi yang sehat dengan mengurangi tren kecenderungan polarisasi di tengah masyarakat .Pemilihan Umum Pemilu 2024 bagi bangsa ini menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan bangsa menuju masa depan yang lebih baik.

    Namun, di tengah euforia demokrasi, ada tantangan besar yang perlu dihadapi untuk menjaga keutuhan bagi bangsa dengan populasi lebih dari 260juta jiwa ini. Pendidikan politik yang berkualitas menjadi pondasi utama dalam membentuk pemilih yang cerdas dan kritis.

    Masyarakat hari ini perlu diberdayakan dengan informasi yang akurat dan objektif tentang calon pemimpin serta program-program yang mereka usung. Dengan demikian, masyarakat sudah punya preferensi sejatinya mampu memilih pemimpin berdasarkan visi, misi, dan kapasitasnya dalam memimpin negara.

    Tantangan lain adalah hoaks alias berita bohong tumbuh bak jamur dimusim hujan; disinformasi memiliki potensi yang sangat merusak dalam proses demokrasi yang bangsa yang sudah semakin baik. Di era digital saat ini, penyebaran informasi palsu dapat dengan mudah mempengaruhi opini publik dan mengganggu stabilitas politik.

    Oleh karena itu, perlunya upaya bersama segenap komponen bangsa: pemerintah, platform sosial media, dan masyarakat dalam mengendalikan penyebaran hoaks dan menyebarkan informasi yang benar. Strateginya yaitu hadirnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi tidak hanya terbatas pada saat pemilihan umum berlangsung.

    Masyarakat perlu terlibat secara aktif dalam berbagai dialog, forum-forum kemasyarakatan atau kebangsaan, kegiatan politik, mulai dari diskusi publik lintas agama, kampanye damai, hingga pemantauan jalannya proses pemilu. Dengan demikian, masyarakat akan merasa memiliki tanggungjawab yang besar dalam proses demokrasi dan pembangunan negara.

    Demikian juga di tengah euforia Pemilu 2024 kita harapkan nasionalisme dan patriotisme semakin kokoh dalam harmoni kebangsaan. Nasionalisme menjadi kata kunci untuk merealisasikan cita-cita luhur bangsa (Santoso G., dkk., 2023).

    Menjaga Keutuhan Bangsa

    Indonesia merupakan negara yang beragam baik dari segi etnis, budaya, bahasa, budaya, agama, maupun suku bangsa. Keberagaman ini anugerah merupakan kekayaan dan keunikan yang dimiliki bangsa kita. Namun, keberagaman tersebut juga bisa menjadi sumber konflik jika tidak dielola dengan baik. Di masa menjelang pemilu, penting bagi semua pihak untuk mengedepankan sikap saling menghormati, toleransi, dan gotong royong dalam menghadapi perbedaan pendapat politik.

    Pemilu 2024 bukan hanya soal menentukan siapa yang akan memimpin negara ke depan, tetapi juga tentang bagaimana kita sebagai bangsa dapat tetap bersatu dan maju bersama. Generasi muda atau milenial juga memiliki peran penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ditengah keberagaman bangsa .
    Dengan menjaga keutuhan bangsa di tengah proses demokrasi, Indonesia akan semakin kokoh dan berdaya dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Mari bersama-sama menjaga momentum ini untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang adil, makmur, dan sejahtera. (*)

    Penulis : Ahmadi, Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Kesbangpol Kabupaten Wakatobi.


    Penulis | redaksi






































VIDEO