• Mahasiswa Punya Peran Penting dalam Pemilu 2024

image_title
Ket: Kaprodi Fakultas Hukum UKPM Jumanudin S.H,. M.H ditengah, sebelah kanannya Rektor UKPM Prof. Dr. Ir. Usman Rianse M.S sebelah kirinya Pendiri UKPM Albert, SE.S.Kep.M.M.Kes,
  • Share

    BUMISULTRA

    MUNA-Pemilihan umum legislatif dan presiden tahun 2024 semakin dekat. Dalam UU RI No. 12 tahun 2003 tentang pemilu anggota DPRD, dalam pasal 1 berbunyi “Pemilihan umum yang selanjutnya disebut pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

    Sebagai bagian dari sistem demokrasi di Indonesia, Pemilu memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan arah kebijakan publik dan masa depan bangsa. Untuk itu, mahasiswa Universitas Karya Persada Muna (UKPM) diharapkan dapat aktif dalam pemilu 2024 dengan melakukan berbagai tindakan yang sesuai dengan peran dan tanggung jawab mereka sebagai warga negara.

    Menurut Ketua Program Studi (KAPRODI) Fakultas hukum Universitas Karya Persada Muna (UKPM), Jumanudin S.H., M.H, mahasiswa memiliki peran yang sangat penting dalam Pemilu 2024.

    "Mahasiswa harus menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan proses Pemilu yang jujur dan adil, baik pemilihan Presiden maupun Legislatif. Mahasiswa harus memilih calon dari partai politik tertentu yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan nilai-nilai demokrasi dan keadilan dan juga jangan memilih karna janji tapi rekam jejak,'' jelasnya saat ditemui di ruangannya, Rabu (6/12/2023).

    Selain itu, Jumanudin juga mengatakan, sebagai pihak yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang hukum dan demokrasi, mahasiswa dapat membantu meminimalisir konflik yang terjadi dan memastikan bahwa proses pemilu berlangsung dengan lancar, jujur dan adil serta mengajak masyarakat untuk menolak money politik.

    "Mahasiswa dapat melakukan analisis atau prediksi tentang kemungkinan perubahan atau kebijakan baru yang akan dilakukan oleh calon terpilih pasca pemilu 2024. Dengan demikian, mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan bangsa dan negara melalui partisipasi aktif dalam pemilu,'' pungkasnya. (*)


    Penulis | Almuizu






































VIDEO