• Wakil Ketua PMI Sorong: Donor Darah Bisa Selamatkan Nyawa Sesama

image_title
Ket: Laode Ghondohi (baju putih)
  • Share

    BUMISULTRA

    SORONG-Donor darah merupakan salah satu cara sederhana namun sangat penting untuk membantu sesama. Setiap tahunnya, ribuan orang membutuhkan transfusi darah untuk menyelamatkan nyawa mereka. Namun, stok darah di bank darah seringkali tidak mencukupi kebutuhan pasien yang membutuhkan transfusi darah. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai warga negara yang peduli untuk melakukan donor darah secara rutin.

    Menurut Wakil Ketua PMI Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya Laode Ghondohi S.H., M.H., CIL donor darah adalah bentuk kepedulian sosial yang sangat penting.

    "Donor darah adalah bentuk kepedulian sosial yang sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Hanya dengan memberikan sebagian kecil dari darah kita, sehingga dapat menyelamatkan nyawa seseorang yang membutuhkan," ujarnya Laode Ghondohi pada Bumisultra.com, Rabu (6/12/2023).

    Ia juga menambahkan, donor darah juga memiliki manfaat serta keuntungan kesehatan bagi pendonornya. "Mendonorkan darah membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke dengan mengurangi kepadatan darah, meningkatkan produksi sel darah merah, yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh, dan dapat membantu mengurangi risiko kanker terutama pada pria yang melakukan donor darah,'' jelasnya.

    Namun, masih banyak orang yang tidak menyadari pentingnya donor darah atau masih takut untuk melakukan donor darah. Oleh karena itu, PMI terus melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya donor darah dan juga memberikan edukasi tentang proses donor darah yang aman dan nyaman. (*)


    Penulis | Almuizu






































VIDEO