• Ribuan Warga Kolaka Ikuti Karnaval Peringati Kemerdekaan Indonesia

image_title
Ket: Siswa MI Darul Istiqomah Kolaka yang turut memeriahkan karnaval dan kendaraan hias memperingati HUT RI ke-77
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA- Ribuan warga Kolaka tumpah ruah di jalanan mengikuti kegiatan karnaval dan mobil hias, memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun, Sabtu (13/08/2022).

    Pelaksanaan karnaval yang dimulai sekitar pukul 08.00 Wita, mengambil start di lapangan Konggoasa Kolaka yang diikuti pelajar, instansi, organisasi kemasyarakatan, OKP, serta untuk tingkat taman kanak-kanak mengambil start di depan Polsek Kolaka. Selain itu, pawai mobil hias juga diikuti penampilan berbagai suku yang ada di kabupaten Kolaka, partai politik dan perusahaan. Semua finis di depan rumah adat Mekongga.

    Pantauan di lapangan, selain ribuan warga Kolaka yang mengikuti karnaval dan mobil hias, sepanjang jalan yang dilewati peserta karnaval di penuhi warga yang menyaksikan secara langsung acara tersebut. Kegiatan ini sangat menarik warga, apalagi warga baru saja lepas dari wabah Covid-19 yang melanda negeri.

    Penanggungjawab kegiatan karnaval dan kendaraan hias yang juga kepala Dispora Pemda Kolaka, Jusrin Jafar mengatakan, kegiatan karnaval dan kendaraan hias dilaksankan sebagai bagian dari peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022, apalagi Bupati Kolaka Ahmad Safei mengharapkan kegiatan peringatan kemerdekaan tahun ini dilaksanakan secara meriah.

    "Jadi dalam kegiatan ini, semua Organisasi Perangkat Daerah menampilkan sumber daya alam yang ada di Kabupaten Kolaka," katanya.

    Ditambahkannya, untuk kendaraan hias, pihak panitia tidak memperbolehkan adanya kendaraan roda dua, sehingga setiap peserta menampilkan berbagai miniatur dan potensi yang mereka miliki.

    Salah seorang peserta karnaval, Nur Rahma dari Madrasah Ibtidaiyah Darul Istiqomah Kolaka mengaku salut dengan kegiatan yang dilaksanakan pihak panitia Pemda Kolaka dalam memperingati hari kemerdekaan, apalagi sekolahnya diikutkan dalam kegiatan ini dan merupakan kegiatan pertama yang mereka laksanakan.

    "Siswa kami sangat bersemangat mengikuti kegiatan karnaval ini. Mereka menggunakan pakaian perjuangan, adat, angkatan, profesi dan silat nusantara," kata Nur Rahma yang turut jalan bersama siswanya hingga finis.(*)


    Penulis | Armin Arsyad


























VIDEO