• Dibalik Pembukaan Jalan Pangi - Pangi Koltim, Petani Lada Diuntungkan

image_title
Ket: Pemeriksaan hasil pekerjaan pembukaan jalan yang menuju ke lahan petani lada.
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR --Petani Lada kembali menikmati kemudahan berupa akses jalan untuk mengangkut hasil perkebunan mereka yang selama ini menjadi kendala . Pembukaan jalan 1500 meter salah satu tujuanya agar memudahkan mobilisasi hasil perkebunan lada dan ini menjadi keuntungan tersendiri bagi petani Desa Pangi - Pangi Kecamatan Poli - Polia Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).

    Kepala Desa (Kades) Pangi - Pangi Usman Batjho menyebutkan anggaran pembukaan jalan ini ini bersumber dari Dana Desa (DD) 2022 sebesar 69 juta lebih."Pembukaan jalan ini berada di dusun 1 dan III dan memang masuk dalam wilayah perkebunan lada", ungkapnya, Senin (27/06).

    Usaman menambahkan, wilayah pangi - pangi 90 persen lebih adalah petani baik Kakao, lada maupun nilam, salah satu upaya Pemdes lakukan adalah akses jalan.

    ''Sekalipun hasil panen melimpah kalau tidak akses jalan tentu ini akan menjadi kendala, baik pengangkutan hasil perkebunan, dan berdampak pada pedagang yang akan sulit masuk ke wilayah kami bila tidak ada akses jalan masuk ke wilayah perkebunan", tandasnya.

    Sementara itu, tenaga ahli tehnik Kabupaten Koltim maupun pendamping Lokal Desa hari ini juga yang di dampingi TPK, Sekdes serta perangkat Desa melakukan pemeriksaan dan peninjauan hasil pembukaan jalan untuk mengetahui sejauh mana pekerjaan tersebut di selesaikan, mulai kesesuain RAB, baik Lebar jalan maupun volume, pemeriksaan ini di lakukan sejak pagi hingga sore hari. (*)


    Penulis | Irwandar
























VIDEO