• Pengurus DPD LAT, PD HIPTI dan Tamalaki Patowonua Kolut Dikukuhkan

image_title
Ket: Pengukuhan pengurus Lembaga Adat Tolaki (LAT), PD.HIPTI dan Tamalaki Patowonua 
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA UTARA-Pengurus Lembaga Adat Tolaki (LAT) dan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (PD.HIPTI) serta Tamalaki Patowonua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Provinsi SulawesiTenggara (Sultra), Resmi Dikukuhkan, Minggu (26/6/2022).

    Drs.H. Mansyur Masie Abunawas, M.Si selaku Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP)Lembaga Adat Tolaki (LAT) Provinsi Sulawesi Tenggara mengukuhkan secara Resmi 344 orang Pengurus Lembaga Adat Tolaki (LAT) Kolaka Utara. Sementara, 121 Pengurus  Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (PD.HIPTI) juga dikukuhkan oleh ketua Umum Pengurus Besar PB. HIPTI Provinsi Sulawesi Tenggara, Rusmin Abdul Gani. Ketua LAT Kabupaten Kolaka yang baru dilantik masa bakti 2022 - 2027, Mukhdar Landumaka, S.Pd. Juga, mengukuhkan 373 pengurus Tamalaki Patowonua yang diketuai Mansiral Usman,SH. di Alun - alun By Pass Lasusua, Minggu (26/06/2022).

    Ketua DPP LAT Sultra, H. Mashyur Masie Abunawas, dalam sambutannya mengucapkan selamat atas, Pengukuhan LAT dan PD. HIPTI serta Tamalaki Patowonua di Kolut, ketiga organisasi tersebut di harapkan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kesepakatan bersama.

    "Saya berharap, kepada pengurus yang baru dilantik untuk segera melakukan rencana kerja, jangan bekerja sendiri - sendiri," ungkapnya.

    Dikatakan Mansyur Masie, selain  berperan sebagai mitra Pemerintah dalam penyelengaraan pemerintah dan pelaksanaan pembangunan, LAT juga berperan untuk melestarikan nilai.- nilai budaya suku tolaki di bumi patowonua.
     
    “Saya juga berpesan kepada Tamalaki Patowonua untuk menjadi jiwa Tamalaki yang betul, untuk menjaga harkat dan martabat suku tolaki di Kolut, jangan kita sudah besar, lantas kita  memusuhi orang lain,” pesan Mantan Walikota Kendari ini.

    Sementara, Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas mengucapkan selamat atas pengukuhan Pengurus DPD LAT, PD.HIPTI dan Tamalaki Patowonua Kolaka Utara, dimana lembaga LAT adalah merupakan lembaga yang legal, juga sebagai lokomotif, sarana untuk menghimpun semua adat budaya yang perlu dilestarikan, sesuai dengan undang undang nomor 5 tahun 2011 tentang kemajuan kebudayaan  serta PP nomor 53 tahun 2017 tentang pelestarian pemberdayaan  Pengembangan adat budaya masing - masing Daerah.

    "Khususnya LAT, Mari kita berpacu, dan bersama - sama untuk mendukung program - prgram  pemerintah Kolaka utara," kata Wagub.

    Wagub juga membeberkan bahwa, Bumi Patowonua Kolaka utara merupakan wonua mekongga atau kerajaan Mekongga, Dimana Kerajaan Konawe dan Kerajaan Mekongga masih bersaudara.     

    Ditempat yang sama, Wakil Bupati Kolaka Utara, H. Abbas, SE,  mengucapakan rasa terma kasih, atas kunjungan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara  di Bumi Patowonua, wonua yang dirindukan sejak dulu, atas nama Pemerintah, Sangat mengapresiasi dan mendukung pengukuhan LAT, PD.HIPTI dan Tamalaki Patowonua di Kabupaten Kolaka Utara setiap kegiatan masyarakat Adat yang ada di daerah Bumi Patowonua khususnya masyarakat Adat Suku Tolaki.

    “Selaku pemerintah Kolaka Utara, saya sangat mengapresiasi dan mendukung setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga Adat Tolaki dan lembaga Adat Lainnya, guna kemajuan pembangunan daerah serta pelestarian budaya di kolaka Utara” ungkap H.Abbas.

    Dikatakan H. Abbas bahwa, Pemerintah Kolak Utara sangat peduli  Budaya dan Adat istiadat yang secara universal, harus dilihat dan dipahami aebagai  salah satu sumber utama dari sistim tata nilai dalam masyarakat yang diharapkan dapat membentuk sikap mental dan pola fikir manusia yang positif.

    "Ini menjadi tugas Lembaga Adat Tolaki yang baru dilantik, untuk dapat menumbuhkan kembali budaya dan adat istiadat tolaki untuk berkembang dan bersemi di bumi patowonua,"Ujar wakil Bupati.

    Lebih lanjut kata H.Abbas, Pemkab mendukung dan bertanggung jawab dalam pembangunan dan pelestarian budaya lokal yang ada di kolut, termasuk budaya tolaki sebagai suku asli di Bumi Patowonua.

    "Atas perhatian tersebut, pemkab Kolut membangun rumah adat Patowonua suku tolaki, ini dilakukan  semata - mata untuk mengangkat citra positif Kolut sebagai Kabupaten Madani di Sultra," ungkapnya.

    Tampak hadir dalam Pengukuhan pengurus Lembaga Adat Tolaki (LAT), PD.HIPTI dan Tamalaki Patowonua  tersebut diantaranya, Wakil Gubernur Sultra, Dr. H Lukman Abunawas, Ketua DPP LAT Sultra, Drs. H.Mansyur Masie Abunawas, M.Si.  wakil bupati Kolaka Utara, H.Abbas, SE. ketua DPW PPP Sultra, Marsda TNI Purnawirawan Laode H. Barhim, Ketua HIPTI Sultra, Rusmin abdul Gani, Dewan Pembina HIPTI Sultra, Anton, SH,  jajaran Forkompinda, serta perwakilan lembaga adat lainya di wilayah Kolut. (*)


    Penulis | Bahar
























VIDEO