• Peringati Hari Lahir Pancasila, Jokowi Kunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno

image_title
Ket: Presiden RI Jokowi
  • Share

    BUMISULTRA

    NTT - Presiden RI, Joko Widodo menyempatkan waktu mengujungi Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) guna memperingati hari lahir Pancasila 1 juni tahun ini, pada Rabu (1/6/2022)

    "Pagi hari di Ende, saya dan Ibu Negara berkunjung ke rumah pengasingan Bung Karno", tulisnya di akun Facebook miliknya

    Ia mengisahkan sejarah perjalanan Ir.Sukarno di Kabupaten Ende, yang diasingkan selama kurun waktu 4 tahun lamanya antara tahun 1934- 1938, melalui hari-harinya ditempat itu menjadi cikal bakal  merumuskan Pancasila.

    "Hari-harinya dilalui dengan berkebun, membaca, juga menulis. Di sini pula, Bung Karno memikirkan dan menggagas rumusan nilai-nilai Pancasila yang kelak menjadi dasar negara, dan hari ini kita peringati kelahirannya",kenangnya.

    Tak hanya dikenang sebagai tempat pengasingan, rumah beralamat tepat Jln. Perwira, Kel. Kotaraja, Kec. Ende Utara, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur itu juga menyimpan sejumlah bekas tangan sang proklamator diantaranya adalah lukisan tangan dan naskah drama sandiwara yang ditulisnya.

    "Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende adalah bagian dari sejarah perjalanan bangsa Indonesia", tambahnya.

    Kota Ende merupakan ibukota Kabupaten Ende menjadi bagian Provinsi Nusa Tenggara Timur. Wilayah ini dijuluki sebagai Kota Pancasila. (*)


    Penulis | La Ilu Mane
























VIDEO