• Ini Dia 9 Keunggulan Lidah Buaya Dalam Menunjang Kesehatan

image_title
Ket: Lidah buaya.
  • Share

    BUMISULTRA

    Supaya bisa menunjang kecantikan seseorang, lidah buaya sering kali dimanfaatkan. Tetapi lidah buaya bukan hanya bermanfaat untuk kecantikan saja tetapi ada juga manfaat lidah buaya menunjang kesehatan.

    Di dalam lidah buaya terkandung banyak mineral dan vitamin yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Ada bagian dari lidah buaya ini yang sering dimanfaatkan menjadi obat herbal yaitu daunnya.

    Kamu perlu tahu kalau dalam bagian ini ada daging dengan sifat antiseptik, antiflamasi, anestetik, antijamur, dan lain sebagainya. Agar lebih mengenal keunggulan lidah buaya, bisa coba simak ulasan berikut ini mengenai apa saja manfaat dari lidah buaya tersebut dalam menunjang kesehatan tubuh manusia.

    Meredakan batuk

    Batuk menjadi salah satu gejala yang sangat umum dan ada kalanya cukup mengganggu keseharian. Lidah buaya bisa menjadi obat herbal untuk batuk tersebut.

    Karena di dalam lidah buaya ini terdapat senyawa yang bisa membuang lendir lalu bisa menenangkan tenggorokan juga.

    Menyembuhkan luka karena terkena api

    Jika kulit kita tidak sengaja terkena api, maka akan muncul luka bakar yang tentunya membuat kita kesakitan dan tidak nyaman. Getah gel dari lidah buaya memiliki sifat antiseptik dan cenderung dingin.

    Dari hal ini yang bisa membuat penggunaan lidah buaya ampuh untuk menyembuhkan luka seperti ini. Di samping itu, bisa juga lidah buaya merangsang pembentukan sel kulit yang baru.

    Membantu mengatasi plak gigi

    Kalian bisa coba berkumur dengan memakai lidah buaya karena bisa mengurangi kemungkinan terkena masalah plak gigi. Bisa dengan berkumur memakai jus dengan campuran lidah buaya tersebut agar bisa mencegah muncul plak gigi yang cukup mengganggu.

    Membantu penyembunan sariawan

    Jika kita mengalami sariawan ini, maka kegiatan sehari-hari bisa terganggu karena rasa pedih sariawan tersebut. Ada beberapa penelitian yang menyebutkan kalau lidah buaya ini bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan.

    Bukan hanya itu saja, gel alami dari lidah buaya bisa juga mengurangi sakit dari adanya sariawan tersebut.

    Tekanan darah lebih terkontrol

    Dalam lidah buaya terdapat senyawa aktif seperti kalium, flavonoid, dan ariginiin, yang dapat menurunkan tingginya tekanan darah. Senyawa lidah buaya tersebut juga dapat mengontrol kondisi tekanan darah di dalam tubuh agar tetap dalam kondisi yang sehat/ normal.

    Mengatasi sembelit

    Mungkin ada dari Anda yang sering kali menderita sembelit, lebih baik coba mengonsumsi lidah buaya dari pada mengkonsumsi minuman obat serbuk atau pun pil. Pada lidah buaya ini terkandung zat polisakarida untuk mengatasi masalah dalam saluran pencernaan.

    Adanya Polisakarida ini bisa membantu tubuh mencerna makanan lebih sempurna agar gizi makanan bisa terserap secara maksimal.

    Mengatasi masalah diabetes

    Ada lagi manfaat lainnya dari lidah buaya untuk kesehatan manusia yaitu mampu mengendalikan tingkat kadar gula darah. Kandungan pada lidah buaya bisa melindungi lalu memperbaiki sel di pankreas manusia yang memproduksi senyawa insulin.

    Mengontrol kondisi asam lambung

    Lidah buaya juga bermanfaat menjaga keseimbangan kadar asam perut jika dikonsumsi dengan jumlah porsi yang tepat. Lebih baik Anda konsumsi lidah buaya ini dalam jumlah tidak berlebihan atau yang sudah disarankan ahli.

    Melembabkan kondisi kulit

    Lalu manfaat kesehatan lidah buaya yang terakhir adalah melembabkan kulit. Pada lidah buaya terkandung beberapa jenis vitamin dan mineral yang dilengkapi antioksidan juga sehingga bisa bermanfaat melembutkan lapisan kulit luar dan juga memperbaiki kondisi biologis kulit. (*)

     

     


    Penulis | Redaksi

















Berita Populer


VIDEO