• Wali Kota Kendari Terima Penghargaan Kota Layak Anak

image_title
Ket: Wali Kota Kendari Sulkairnaik dan Plt. Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kendari usai menerima piala penghargaan Kota Layak Anak
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI--Ada 275 daerah mendapat penghargaan kabupaten/kota layak anak (KLA) tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA). Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019 yang penerimanya 249 wilayah.
     
    Hari ini, Selasa (12/10/2021), Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir didampingi Plt. Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kendari menerima piala penghargaan Kota Layak Anak setelah sebelumnya Kota Kendari berhasil meraih penghargaan kategori Nindya, pada pengumuman KLA secara virtual pada tanggal 29 Juli 2021 lalu.
     
    Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir mengucap syukur atas penghargaan yang telah dicapai Kota Kendari kategori Nindya.
    Menurut wali kota penghargaan ini merupakan kerja tim dan dukungan dari berbagai pihak.
     
    “Alhamdulillah hari ini kita bisa wujudkan Kota Kendari sebagai kota layak anak dengan kriteria nindya, tentu ke depan kita jangan puas apa yang dicapai hari ini, karena yang paling penting adalah bagaimana anak-anak kita khususnya di kota Kendari bisa merasakan bahwa kota ini layak buat mereka,” harapnya.
     
    Wali kota mengakui masih ada kekurangan yang masih harus dibenahi untuk menciptakan kota Kendari sebagai kota layak anak.
     
    Untuk diketahui, KLA merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha.
     
    Hal tersebut dilakukan dengan terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan.
    Tujuannya, menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.
     
    Adapun dasar hukum pelaksanaan program KLA di Indonesia menjadi lebih kuat setelah diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2021 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak. KLA diamanatkan oleh Undang-Undang (UU) Perlindungan Anak yang juga didukung UU Pemerintahan Daerah. (*)
     
    Sumber : MNC Trijaya FM Kendari

    Penulis | Oktavia








































VIDEO