• Kwarcab Pramuka Konut Berikan Pembekalan Mental pada Peserta Didik

image_title
Ket: Anas Herson dan Alexander S.si saat melatih mental peserta didik Pramuka di Desa Labengki kecamatan Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara
  • Share

    BUMISULTRA

    KONUT--Dalam membangun karakter generasi penerus bangsa, tidaklah mudah seperti membalikkan tangan. Melalui Tim monitoring dan pendataan potensi pembina, pelatih serta peserta didik, Kwartir cabang (Kwarcab) Konawe Utara (Konut) yang di nakhodai Ikbar SH. (Ketua Kwarcab Konut), melakukan kegiatan pembekalan mental pada Gugus Depan (Gudep) KIMA BOE yang berada di Desa Labengki Kecamatan Lasolo Kepulauan, Sabtu 9 Oktober 2021.

    Ketua Tim monitoring dan Pendataan, Anas Herson mengatakan, kegiatan itu merupakan sebuah pembinaan dan pengembangan kwalitas sumber daya manusia, melalui peningkatan kualitas manajerial, kualitas pendidikan, kualitas kegiatan, penelitian dan pengembangan.

    "Dengan dukungan administrasi, keuangan, sarana prasarana dan hubungan kemasyarakatan yang mantap, akan menghasilkan anggota gerakan pramuka yang berkualitas, dalam hal ini Gugus Depan Kima Boe mampu mendorong peserta didik menuju jenjang pramuka garuda." ucap Anas Herson Wakil Ketua Binawasa Kwarcab Konut.

    Gudep Kima Boe yang berada di daerah destinasi wisata mancanegara, tentu sangat membutuhkan pengembangan diri melalui gerakan pramuka. Anas Herson yang mempunyai latar belakang ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Konut, usai pertemuan pembina, pelatih dan peserta didik mengatakan kegiatan pramuka akan mampu menghadapi tantangan untuk dapat menjalankan perannya menjadi media dan wadah terdepan.

    "Pembentukan kepribadian generasi muda, akan melahirkan kepercayaan kepada peserta didik, sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup dalam menghadapi tantangan, sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global." lanjutnya.

    Di tempat yang sama Sekretaris Kwarcab Konut Alexander menambahkan, gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap anggota pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.

    "Giat kami hari ini yaitu melakukan monitoring, pendataan, dan memberikan pembekalan mentalitas peserta didik. harapannya agar Pramuka di daerah destinasi wisata menjadi wadah terdepan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. ini adalah tanggung jawab kita semua membimbing generasi muda penerus bangsa," tutupnya. (*)


    Penulis | Suhardiman Sawali








































VIDEO