• LPM IAIN Kendari Tingkatkan Grade Akreditasi Melalui Sosialisasi Pedoman Mutu

image_title
Ket: Kegiatan Mainstreaming dan Sosialisasi Pedoman Mitu IAIN Kendari pada, 4-6 Juli 2021
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Meningkatkan grade akreditasi, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar kegiatan mainstreaming (pengarusutamaan) dan sosialisasi pedoman mutu tahun 2019-2020 pada, 4-6 Juli 2021 kemarin.

    Ketua LPM IAIN Kendari, Asliah Zainal, menjelaskan, mainstreaming dan sosialisasi pedoman mutu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman KJM dan GJM terkait pedoman mutu di lingkungan IAIN Kendari.

    Dirinya menuturkan, kegiatan diikuti oleh Komite Jaminan Mutu (KJM) Fakultas dan Gugus Jaminan Mutu (GJM) Program Studi serta tim penyusun borang prodi dan institut.

    “Mereka diharapkan dapat menjadi vocal point yang menyebarluaskan informasi mutu di lingkungan kerja masing-masing. Pedoman ini telah disusun berdasarkan kebutuhan lembaga dan sesuai dengan standar penilaian akreditasi dari BAN-PT sehingga diharapkan akan menjadi acuan dalam mengambil kebijakan mutu terutama terkait peningkatan grade akreditasi,” tambahnya.

    Mainstreaming pedoman mutu kepada para penggiat mutu merupakan salah satu upaya LPM menerapkan mekanisme dan siklus penjaminan mutu dengan baik dan berkelanjutan terutama dalam rangka mendukung transformasi alih status IAIN Kendari menuju UIN Kendari.

    “Alhamdulillah, sejak tahun 2019 lalu LPM IAIN Kendari sudah menghasilkan sekitar 30 dokumen mutu yang itu ternyata secara signifikan sangat membantu proses akreditasi program studi yang tentunya berimbas pada peningkatan mutu Institut,” tambah Asliah.

    Sementara, Wakil Rektor I IAIN Kendari, Husain Insawan, mengatakan, kegiatan ini menjadi langkah konkret untuk meraih akreditasi unggul.

    “Sejauh ini kami menilai bahwa LPM sudah berhasil dalam menyiapkan pedoman-pedoman mutu di IAIN Kendari karena hasilnya lebih konkret, dokumennya ada dan dapat diakses melalui website IAIN Kendari sehingga lebih mudah dijangkau oleh seluruh sivitas akademika IAIN Kendari,” katanya.

    Wakil rektor bidang akademik dan pengembangan kelembagaan ini berharap agar LPM IAIN Kendari terus berupaya untuk menyusun perangkat-perangkat penjaminan mutu atau Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan mendistribusikan ke seluruh fakultas, lembaga dan unit.

    “SPMI yang terukur pada institut dapat menunjang perolehan akreditasi dari program studi dan lembaga, baik akreditasi BAN-PT maupun sertifikasi ISO, AUN-QA dan lainnya,” lanjutnya .

    Pelaksanaan kegiatan mainstreaming dan sosialisasi diharapkan dapat mendorong peningkatan grade akreditasi prodi-prodi di IAIN Kendari terutama bagi 12 program studi yang telah meraih akreditrasi B. Begitupula dengan prodi yang masih terakreditasi C, dapat memacu semangat dan komitmen untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada sehingga mendongkrak nilai akreditasi.


    Penulis | Septiana






















VIDEO