• Rajutan Tali Kur dan Kampung Coklat Masuk Nominasi API 2021

image_title
Ket: Kampung coklat Kolaka masuk nominasi API 2021
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA- Rajutan tali kur khas kabupaten Kolaka dan ekowisata kampung coklat, masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021.

    "Ada 10 yang kami usulkan untuk API 2021. Namun yang masuk dominasi hanya 2, yakni rajutan tali kur untuk kategori cenderamata dan kampung coklat untuk kategori ekowisata," kata Kadis Pariwisata dan kebudayaan Kolaka Andi Zulkanain Mansur, Selasa (15/06/2021).

    Menurut Zulkarnain, rajutan tali kur merupakan hasil karya seni yang bernilai ekonomis, dikembangkan oleh para pengrajin yang dijadikan sebagai produk unggulan dan ajang promosi, dibina oleh Dinas Pariwisata dan kebudayaan. Cenderamata rajutan tali kur dapat menambah perekonomian warga.

    "Rajutan tali kur khas kabupaten Kolaka ini dapat ditemukan sebagai cenderamata diberbagai tempat wisata di bumi Mekongga ini," kata mantan Asisten III Setda Kolaka ini.

    Adapun kampoeng coklat yang berada di kota Kolaka dengan luas sekitar 300 ha, merupakan bagian dari destinasi wisata andalan Kabupaten Kolaka. Didalam kawasan ini dilakukan budidaya tanaman coklat hingga proses pengolahan buah pasca panen, juga terdapat industri pengolahan buah coklat menjadi bubuk coklat.

    "Karena itu, kami meminta bantuan dari berbagai pihak untuk mendukung rajutan tali kur khas Kolaka dan kampung coklat yang masuk dominasi API 2021," harap Zulkarnain. (*)


    Penulis | Armin Arsyad






















VIDEO