• Baru Dilantik, Direktur PDAM Muna Sudah Didemo

image_title
Ket: Muhamad Nurhayat Fariki ,Direktur PDAM Muna saat menerima aspirasi masa aksi
  • Share

    BUMISULTRA

    MUNA--Baru satu Minggu dilantik sebagai Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhamad Nurhayat Fariki rupanya kedatangan tamu dari Himpunan Mahasiswa Desa Lohia Kota Kendari (HIPMADEL) alias didemo.

    Kunjungan mahasiswa Lohia ini sebagai bentuk menyampaikan aspirasi terkait krisis air bersih yang sudah menimpah Warga Kecamatan Lohia satu bulan lamanya.

    Korlap Aksi, Ahmad Zulkarnain menegaskan, pihak PDAM agar segera mengambil langkah cepat mengatasi masalah krisis air bersih yang ada di Lohia. Apalagi menurut Ahmad, masalah ini adalah menyangkut hajat hidup orang banyak dan tidak boleh dibiarkan berlarut larut.

    "Banyak keluh kesah yang kita terima di masyarakat olehnya itu kami beri waktu pihak PDAM 3x24 jam untuk segara mengalirkan pasokan air bersih,'' ucapnya, Rabu (9/6/2021)

    Tak hanya itu , Pihak PDAM juga bertanggung jawab penuh atas permasalahan yang terjadi khususnya bagi keluhan pelanggan air (konsumen) sebagaimana diatur dalam Undang Undang no 8 tahun 1999 pada pasal 4, tentang Perlindungan Konsumen mengatur mengenai hak hak konsumen yang butuh air bersih di Kecamatan Lohia.

    "Kami juga meminta PDAM menyiapkan mesin cadangan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan mesin, karena ini menyangkut hajat orang banyak,'' bebernya.

    Sementara itu Dirut PDAM Muna, Yayat Fariki mengatakan persoalan tersebut diakibatkan karena faktor kerusakan pompa mesin sehingga penyuplaian air bersih terhenti untuk sementara waktu.

    Sambung Yayat, Pihaknya akan menyelesaikan masalah ini secepatnya dengan mengganti pompa mesin yang rusak. Bahkan warga Lohia yang terdampak krisis air beberapa hari ini akan diberi gratis pembayaran air sebulan.

    Diketahui, Muhamad Nurhayat Fariki sebelumnya menjabat sebagai pelaksana Dirut dan kembali diangkat sebagai Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Muna definitif periode 2021-2026. (*)


    Penulis | Ali Once






























VIDEO