• Harga Gabah Anjlok Petani Koltim Demo Pemda dan DPRD

image_title
Ket: Aliansi Petani Koltim saat Demo di Halaman Kantor DPRD Koltim.
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR -Hari ini Aliansi Petani Sawah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan aksi demonstrasi terkait anjloknya harga gabah di Gedunag DPRD Koltim yang di terima langsung Ketua DPRD, Suhaemi Nasir  dan beberapa anggota Komisi II, Kamis ( 04/06/2021).

    Aliansi Petani Koltim mendesak Pemda Koltim agar menetapkan harga gabah minimum di Koltim. Dan menuntut agar DPRD menjalankan pungsinya untuk menyerap aspirasi petani.

    Ketua Aliansi Petani Koltim Tafsirul Anam, SP menyampaikan beberapa hal terkait aksi mereka sehubungan anjloknya harga gabah di Koltim.

    Mereka mendesak Pemda Koltim agar menetapkan harga patokan harga gabah minimum di Koltim. "Kami juga meminta agar Pemda menyesuaikan patokan harga gabah Nasional. Mendesak Pemda agar mengatur tata niaga serta distribusi gabah / beras dan memerintahkan OPD terkait menjalankan fungsinya,'' ujar Tafsirul dalam orasinya. 

    Selain itu lanjut Tafsiru mereka menuntut DPRD Koltim menjalankan fungsinya sebagai penyerap aspirasi petani serta mengambil langkah kongkrit agar semua problem petani di Koltim terselesaikan. Dampak anjloknya harga gabah mengakibatkan petani mengalami kerugian dan kesulitan ekonomi.

    "Kepedulian dan perhatian dari Pemerintah guna mencarikan solusi tuntas persoalan ketidakstabilan harga gabah disetiap musim panen itu yang kami harapkan", ucapnya.

    Ketua DPRD Suhaemi Nasir berasama komisi II dan pengunjuk rasa berjanji akan memanggil OPD yang menangani persoalan ini.

    ''Masalah ini akan kami tindaklanjuti, sehiangga agar gabah bisa kembali normal,'' ujar Suhaemi. (*)


    Penulis | Irwandar






























VIDEO