• Cuaca Masih Ekstrim di Kolut, BPBD Imbau Warga Tetap Waspada 

image_title
Ket: Kepala BPBD Kolut, Dr.Hj Syamsuriani, ST.MM.
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLUT--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadan bencana alam.Dimana, kondisi cuaca saat ini yang masih ekstrim karena badai La Nina yang berpotensi menimbulkan angin puting beliung disertai hujan deras, sehingga terjadi banjir dan tanah longsor dan sebagainya .

    Kewaspadaan tersebut disampaikan Kepala BPBD, Dr.Hj, Syamsuriani, ST.MM kepada Bumisultra.com diruang kerjanya. Dimana saat ini, Kolut sedang di hadapkan dengan cuaca yang kurang baik terutama angin puting beliung disertai hujan deras yang sering terjadi dimalam hari, sehingga pihak BPBD kolut menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan siapsiaga bila terjadi sesuatu.

    "Kejadian angin puting beliung serta hujan deras hingga banjir yang terjadi beberapa hari lalu di wilayah Kolut ini, karena masih rentetan badai La Nina. Dimana, badai tersebut masih akan diprediksi terjadi dibulan ini hingga April mendatang," Kata Kepala BPBD, Kamis (4/03/2021).

    Ia juga berharap kepada masyarakat, terutama bagi warga yang bermukim di bantaran sungai untuk selalu tetap menjaga kewaspadaan terutama di malam hari, serta warga yang ingin berpergian baik jalur darat maupun jalur laut untuk tetap menjaga kewaspadaan, karena badai la nina berpotensi banjir dan tanah longsor serta gelombang tinggi.

    "Saya kembali mengingatkan kepada warga yang tinggal dibantaran sungai bila terjadi hujan, untuk tetap waspada begitupun warga yang ingin berpergian baik jalur laut atau jalur darat," ungkapnya  . 

    Menurut Hj. Syamsuriani bahwa, penanganan dalam kejadian bencana, selain membantu mempasilitasi, BPBD juga menginventarisasi  

    Ia juga menyampaikan, pantauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) bahwa, badai la nina tersebut di perkirakan berakhir pada bulan April 2021.

    “Selalu tetap siaga dalam menghadapi kondisi cuaca buruk, banyak berdoa kepada Allah swt, agar kita semua di  jauhkan dari musiba baik bencana alam mau pun bencana lainnya," pungkasnya.(*)


    Penulis | Bahar














VIDEO