• Bupati Konut : Kalau Ada Pegawai Tidak Bisa Diatur Sikat Saja!

image_title
Ket: Pelantikan Pj Sekda Konut
  • Share

    BUMISULTRA

    KONUT --Dalam pengambilan sumpah dan naskah pelantikan Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Utara, H. Ruksamin juga menegaskan untuk bagi Aparatur Sipil Negara untuk disiplin.

    "Kalau ada pegawai tidak bisa diatur sikat (Gere), karena apa kalau ingin berhasil jika disiplin betul-betul kita lakukan. Mau adiknya Bupati siapapun yang tidak loyal sikat saja" Pidato H. Ruksamin Bupati Konawe Utara.

    Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Utara Bapak Drs. H. M. KASIM PAGALA, M.Si, dilaksanakan karena adanya kekosongan jabatan Sekretaris Daerah sejak tanggal 28 Desember 2020 usai pengunduran diri Pejabat Sekda H. Martaya periode sebelumnya pada tanggal 21 Desember 2020.

    Berdasarkan amanah yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 3 tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah, pada Pasal 3 menegaskan masa jabatan Penjabat Sekretaris Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat 2 paling lama 6(enam) bulan dalam hal Sekretaris Daerah tidak bisa melaksanakan tugas, dan paling lama 3(tiga) bulan dalam hal terjadi kekosongan jabatan Sekretaris Daerah.

    Lebih lanjut, pada Pasal 5 ayat 2 menegaskan bahwa Bupati/Walikota mengangkat Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota untuk melaksanakan tugas Sekretaris Daerah setelah mendapat persetujuan Gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah sebagaimana dalam surat Persetujuan Gubernur Sulawesi Tenggara Nomor : 133.74/582 Tanggal 10 Februari 2021 Tentang Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Utara.

    Penjabat Sekretaris Daerah mempunyai tugas strategis yaitu membantu tugas Kepala Daerah menyusun kebijakan dan pengordinasian administratif pelaksanaan tugas perangkat daerah, serta pelayanan administratif.

    "Saat ini covid masih ada dikonawe utara, saya tugaskan untuk mencari bagaimana langkah-langkah lebih konkrit lagi, kembali zero covid" lanjutnya.

    Bupati Konawe Utara selaku Kepala Daerah menyampaikan harapan agar Penjabat Sekretaris Daerah dapat melaksanakan fungsi dan tugas Penjabat Sekretaris Daerah dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Disamping itu juga, Penjabat Sekretaris Daerah harus dapat memastikan program-program prioritas Pemerintah Kabupaten Konawe Utara agar berjalan sesuai dengan perencanaan.

    Bupati Konawe Utara juga memberikan tanggung jawab usai pelantikan, untuk membuka pendaftaran calon sekda yang tepat untuk Konawe utara.

    "Secepat mungkin, besok dibuka pendaftaran mencari orang yang tepat untuk menjadi Sekda depinitif," tutupnya.


    Penulis | Suhardiman Sawali












VIDEO