• Tingkatkan Ekonomi, Pemkab Bangun Pelabuhan Kontainer di Kolut

image_title
Ket: Bupati Kolut, Nur Rahman serah terima dokumen hibah lahan untuk pembangunan pelabuhan kontainer
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan serah terima dokumen hibah lahan untuk pembangunan pelabuhan kontainer, yang berlokasi di arel Pelabuhan Tobaku Desa Katoi Kecamatan, Senin (25/1/2021).  

    Kegiatan serah terima tersebut digelar di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Kolut. Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar, menyerahkan langsung dokumen hibah lahan kontainer tersebut, kepada Kepala Syahbandar Kolaka, Hasfar, selanjutnya dokumen tersebut akan diserahkan langsung ke Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan laut di Jakarta.

    "Lokasi yang dibebaskan ini terletak di Desa Katoi, dengan luas satu setengah hektar.Namun, perencanaannya kedepan itu kurang lebih 3 hektar," ujar Nur Rahman.

    Menurut Bupati, penyerahan dokumen hibah lahan kontainer ini merupakan salah satu bukti keseriusan Pemkab Kolut, dalam mendukung dan mendorong tersedianya fasilitas pelabuhan kontainer di Kolut. 

    "Pembangunan pelabuhan ini untuk menjawab permasalahan di masyarakat, karena saat ini barang dari daerah industri seperti Kota Bandung dan Surabaya, itu masuk ke Makassar dulu baru ke Kolaka Utara," kata Bupati. 

    Ia juga mengungkapkan bahwa, upaya pemda membangun pelabuhan kontainer ini, kedepanya masyarakat akan bisa mengambil barang langsung dari daerah industri, dengan harga yang lebih terjangkau dibanding harga saat ini.

    "Kedepannya nanti kalau, pelabuhan kontainer sudah beroperasi masyarakat bisa mengambil barang, langsung di industri,"tutupnya.(*)


    Penulis | Bahar












VIDEO