• Desa Larui di Kolut Rampungkan 7 Item Pembangunan Fisik

image_title
Ket: Kades Larui, Edi Wahyudi
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLUT  -  Guna memenuhi disektor pembangunan,  Pemerintah Desa Larui Kecamatan Porehu Kabupaten Kolaka Utara (Kolu),  Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), membangun sarana prasarana  infrastruktur desa untuk kebutuhan masyarakat walaupun ditengah pandemik covid 19 melanda, Pemdes Larui merampungkan  tujuh item pembangunan fisik tahun 2020 ini, salah satu adalah pembangunan tugu menara pandang setinggi 8,5 meter, menghabiskan anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp. 40 juta.  

    Kades Larui, Edi Wahyudi mengatakan dari sejumlah kegiatan, pembangunan infrastruktur fisik mengunakan anggaran  Dana Desa (DD) tahun 2020 ini, semua telah diselesaikan dengan baik. 

    "Yang kami selesaikan pembangunan fisik diantaranya pembukaan jalan tani, drainase, penimbunan Jalan, peningkatan Jalan Tani, Pembangunan Pondasi Polindes plus Penimbunannya, pembangunan Lapangan Volly, Lapangan Restop, pembangunan tugu menara Pandang, serta Pekerjaan gorong-gorong diempat titik, normalisasi sungai, serta pengembangan sarana wisata," kata Edi Wahyudi kepada Bumisultra, Senin (23/11/2020).

    Lebih jauh Edi Wahyudi juga merinci anggaran pembangunan fisik yang dirampungkan bahwa, pembangunan infrastruktur Fisik yang dilaksanakan tahun ini diantaranya, Pembukaan Jalan Produksi yang berlokasi di Dusun.II Sepanjang.2.450 meter, Tambah Galian Sungai 300 Meter menghabiskan anggaran senilai Rp.238. juta. Kemudian, pembuatan Saluran Drainase dan penimbunanya sepanjang 150 meter lebih Berlokasi di Dusun III  menghabiskan anggaran sebesar Rp.69 juta lebih.

    "Ada juga yang kami anggarkan, peningkatan jalan produksi yang volumenya variatif berlokasi di Dusun III,IV dan V, anggarannya senilai Rp 52.juta lebih serta Pembangunan Pondasi Polindes dan Penimbunannya, panjang 16 x 9 meter di Dusun.I," ungkapnya.

    Untuk mendukung program Karang Taruna dalam bidang Olahraga kata Kades ini, pihaknya memprioritaskan pembangunan Sarana Olahraga, baik perbaikan lapangan Volly Ball 10 x 20 meter dan Lapangan Restop 4 x 3 meter yang berlokasi di Dusun.I. menghabiskan Dana Desa sebesar Rp.40. juta lebih. 

    "Pembangunan gorong-gorong juga kami anggarkan Rp.24 juta, tersebar diempat titik yang berlokasi di Dusun III dan IV," tuturnya.

    Ia juga menambahkan bahwa, selain beberapa pekerjaan pembangunan fisik pihaknya juga prioritaskan pelurusan sungai yang berada didusun V, sepanjang 150 meter menghabiskan anggaran sebesar Rp. 27 juta. dan Pengembangan Sarana Wisata Sungai serta pembangunan Gazebo 1 unit  yang terletak didusun.II  Jumlah Anggaran senilai Rp. 10.087.000

    "Pembangunan Polindes nanti tahun 2021mendatang kami laksanakan karena Dana Desa sebagian terserap ke Covid 19. Namun, Pembinaan untuk Kelompok Perempuan kami Anggarkan senilai Rp.23 juta," pungkasnya. (*)


    Penulis | Bahar








VIDEO