• Diduga Abaikan Hak Karyawan, Tiga Perusahaan Dipanggil Dewan

image_title
Ket: Suasana RDP di DPRD Kendari terkait dugaan mengabaikan hak karyawan oleh perusahaan, Jumat (20/11/2020)
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Diduga mengabaikan hak karyawan, tiga perusahaan yakni CV. Mega Baja, UD. Gloria, PT. Tanto dipanggil ke DPRD Kendari untuk mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang juga dihadiri Dinas Tenaga Kerja dan Pendustrian Kendari, Jumat (20/11/2020).

    Memimpin rapat, Ketua Komisi I DPRD Kendari, Rizki Brilian Pagala, mengatakan, dari adanya laporan masyarakat maka ketiga perusahaan tersebut dilakukan pemanggilan, kemudian duduk bersama untuk mendapat solusi yang terbaik untuk masing-masing pihak. Hal tersebut sudah sesuai tugas pokok dari dewan.

    "Dari permasalahan yang ada ini, pertama kita minta Dinas Tenaga Kerja dan Pendustrian Kendari untuk melakukan verifikasi dan memvalidasi kembali dari setiap pekerja yang bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut untuk kemudian nanti kita melakukan pengawasan dalam hal kontrak kerja dan lainnya," tutur Riski yang ditemui usai mengikuti RDP.

    Dia, menambahkan, dari RDP ini pihaknya menyimpulkan untuk melakukan tinjau lapangan. Dengan maksud, melihat langsung peraturan dari setiap perusahaan, termasuk persoalan tenaga kerja, serta kontrak kerja. Setelah tinjau lapangan, lanjut Riski, baru bisa ditarik kesimpulan, tentunya kesimpulan itu nantinya akan dilihat atau disesuaikan sesuai undang-undang yang ada.

    "Adapun terkait dugaan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh perusaahaan kepada karyawan yang mengadu ke DPRD Kendari ini, sudah di konfirmasi bahwa tidak ada PHK atau pemecatan, sehingga para karyawan diminta untuk kembali masuk bekerja dan perusahaan diminta mengaktifkan kembali para pekerja tersebut, serta memberi suasana yang nyaman kembali bagi para pekerja," ungkapnya kepada media.

    Jadi, tambahnya, tidak ada pemecatan atau PHK dari pihak perusahaan, melainkan karyawan yang mengundurkan diri itu pun hanya satu di UD. Gloria. Hal tersebut, kata Riski, sudah mendapat konfirmasi. (*)


    Penulis | Septiana








VIDEO