• Permohonan Sengketa Diajukan Rusman- Bachrun di Bawaslu Ditolak

image_title
Ket: Surat pemberitahuan permohonan penyelesaian sengketa pemilihan
  • Share

    BUMISULTRA

    MUNA-Permohonan sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muna yang diajukan pasangan calon Rusman Emba  dan Bachrun lewat kuasa hukumnya di Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Muna dinyatakan tidak diterima. 

    Permohonan yang diajukan itu mengenai penyelesaian sengketa pemilihan  Bupati dan Wakil Bupati Muna, terkait berita acara pendaftaran Pasangan Calon dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muna tahun 2020, Bakal Pasangan Calon, Rajiun Tumada dan H La Pili oleh Komisi Pemilihan Umum.

    Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Muna, Aksar S.Pdi mengatakan, bahwa Bawaslu tidak meregistrasi laporan permohonan itu karena dianggap tidak lengkap sehingga dinyatakan untuk tidak diterima.

    Kata Aksar, pada saat mengajukan laporan permohonan sengketa berdasarkan ketentuan Peraturan Bawaslu Nomor 2 tahun 2020 tentang masalah sengketa pihaknya melakukan rapat pleno dengan memverifikasi formil dan materilnya terkait laporan itu ternyata belum memenuhi persyaratan.

    "Kita juga sudah memberikan waktu perbaikan selama tiga hari masa kerja untuk diselesaikan namun tidak dilengkapi sehingga laporan tersebut kita nyatakan tidak diterima," ujarnya, Selasa (21/9/2020).

    Bawaslu juga mengeluarkan formulir model PSP-6 terkait pemberitahuan permohonan penyelesaian sengketa pemilihan tidak dapat diterima.

    Dan berdasarkan berita acara verifikasi permohonan penyelesaian sengketa tanggal 17 bulan September tahun 2020 terhadap dokumen permohonan dengan nomor tanda terima permohonan: 01/PS.PNM/LG/7402/1X/2020 yang diajukan oleh Pasangan Calon La Ode Muhammad Rusman Emba, ST dan Drs. Bachrun, M.Si. (*)


    Penulis | Ali Once S








VIDEO