• Bantuan UMKM Bersinar Tanpa Bunga, 125 Warga Tercatat Sebagai Penerima

image_title
Ket: Bupati Wakatobi, H.Arhawi saat melaunching program UMKM Bersinar lewat bantuan usaha tanpa bunga kurun waktu 2017 lalu, di Aula Pesanggerahan Budaya Wangi-Wangi Selatan
  • Share

    BUMISULTRA

    WAKATOBI - Bantuan usaha mikro kecil menengah (UMKM) Bersinar telah terdistribusi sebanyak 125 warga penerima. Hal itu diungkap polisi Golkar, Safia Wualo lewat deklarasi pasangan H.Arhawi - H.Hardin La Omo, di lapangan Merdeka Wangi-Wangi pada Minggu (10/8/2020).

    Mantan ketua DPD II partai Golkar itu menyebut upaya Pemda Wakatobi atas keberpihakannya terhadap pelaku usaha salah satunya realisasi UMKM Bersinar tanpa bunga.

    Program UMKM Bersinar merupakan salah satu janji kampanye H.Arhawi - Ilmiati Daud, sejak 2015 lalu selain umroh gratis, Pendidikan Bersinar lewat Beasiswa SD, SLTP dan Perguruan Tinggi serta Kesehatan Bersinar lewat pemberian kartu BPJS yang diklaim telah tuntas ditunaikan.

    "Lewat program UMKM bersinar yang selalu didengung-dengungkan masyarakat telah terbukti berjalan dengan baik dimana penerima bantuan tercatat mencapai 125 orang dengan total dana bantuan diberikan sebesar 2,464 miliar,'' ujarnya.

    Diantaranya 70 orang telah menerima bantuan usaha sebesar Rp.25 juta, 12 orang menerima Rp. 20 juta, 1 orang menerima Rp.19 juta, 11 orang menerima Rp.15 juta sementara 27 orang menerima 10 juta dan terakhir 4 orang menerima bantuan Rp.5 juta rupiah.

    Dimana penerimanya merupakan pelaku UMKM Wangi-Wangi Selatan sebanyak 43 orang dan 23 orang pelaku UMKM berada di Kecamatan Wangi-Wangi. Sementara penerima lainnya terbagi di Wakatobi 2 (Kaledupa, Tomia dan Binongko).

    Kata dia, tentu saja seluruh penerima bantuan usaha tanpa bunga tersebut telah memenuhi ketentuan aturan perbankan sebab dana tersebut diserahkan penuh pihak Perbankan untuk diawasi penyalurannya.

    Agar diketahui program UMKM bersinar dilaunching secara resmi oleh Bupati Wakatobi, H.Arhawi kurun waktu 2017 lalu, lewat Dinas Koperasi, UMKM dan Tenag Kerja setempat kerjasama dengan pihak Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Wakatobi.

    Hasilnya, tercatat setahun pasca dilauncing telah ada penerima sebanyak 83 wiraswasta merupakan pelaku UMKM yang telah menerima bantuan tanpa bunga dengan nilai bervariasi dari Rp 10 hingga Rp 25 juta.

    Dinas Koperasi, UMKM dan Naker, setelah melakukan evaluasi menemukan kendala saat penyaluran khususnya pelayanan bantuan tersebut kepada warga di Wakatobi 2 (Kaledupa,Tomia dan Binongko) dimana harus menyeberang ke pulau Wangi-Wangi melakukan pengurusan pencairan dana di BNI maka berikutnya mengalihkan bantuan itu ke Bank Pembangunan Daerah (BPD) Wakatobi.

    Bank ini ditunjuk sebagai Bank penyalur sehingga memudahkan penerima bantuan UMKM Bersinar mengakses bantuan tanpa bunga tersebut. (*)


    Penulis | La Ilu Mane








VIDEO