• Pemda Koltim dan Polres Kolaka Bangun Kampung Tangguh Nusantara

image_title
Ket: Dirreskrimsus Polda Sultra, Kabid Propam, Kapolres Kolaka bersama Bupati Koltim saat mengunjungi posko lumbung pangan di Desa Putemata, Kamis (02/07/2020).
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR -Hari ini tim supervisi dari Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kunjungan supervisi kampung tangguh Nusantara di Desa Putemata Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) yang juga berada di wilayah hukum Polsek Ladongi, Kamis (02/07/2020).

    Kedatangan tim supervisi ini terdiri dari Dirreskrimsus Polda Sultra Kombes Pol Tri Maryadi, SH, MH, Kabid Propam Kombes Pol Bambang Satriawan,SH, SIK, MH, Kasubdit Paminal Kompol Agus Winarno, SH dan di terima langsung Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kolaka AKBP Saiful Mustofa SIK, M.si dan Bupati Koltim Drs. Tony Herbiansyah, M.si di Kantor Desa Putemata.

    Sebelum melakukan pertemuan dengan masyarakat Putemata, Tim Supervisi Rumah Tangguh Nusantara dari Polda Sultra bersama Kapolres Kolaka dan Bupati Koltim, melakukan peninjauan di posko lumbung pangan kemudian mengarah ke posko tangguh sosial ekonomi, posko ketahanan pangan yakni lokasi perkebunan, Posko keamanan serta posko tangguh kesehatan.

    Dirreskrimsus Polda Sultra Kombes Pol Tri Maryadi mengapresiasi Pemerintah Daerah Koltim dan khsusunya Pemerintah Desa atas kegiatan Kampung Tangguh Nusantara ini di Desa Putemata.

    Dikatakan, kehadiran kami selaku tim supervisi adalah perintah secara berjenjang dari Kapolri berlanjut ke wilayah, tujuanya agar di salah satu desa dapat menanggulangi pandemi.

    Menurut Tri Maryadi, kampung tangguh itu maknanya luas tidak hanya untuk antisipasi wabah corona saja, tapi beberapa aspek juga diperhatikan diantaranya, aspek keamanan, kesehatan, sandang pangan dan aspek jaringan informasi dan beberapa aspek lainya, ungkapnya saat memberikan sambutan di Aula kantor Desa Putemata, Kamis (02/07/2020).

    Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa saat di mintai komentarnya apakah Kampung tangguh ini akan berlanjut di semua Kecamatan, dirinya mengatakan, "sebagaimana yang di sampaikan Bupati koltim dipertemuan bahwa kami bersama pemda akan mendirikan kampung tangguh di semua Kecamatan Di Koltim", ungkapnya saat di wawancara singkat usai pertemuan bersama warga.

    Dikesempatan itu Kapolres Kolaka juga menghimbau dan mengharapkan kepada masyarakat koltim untuk tetap menjaga kesehatan, dan mengikuti anjuran protokol kesehatan sehingga masyarakat terhindar dari Wabah Corona, imbuhnya.

    Ditempat yang sama Tony Herbiansyah saat di mintai komentarnya terkait kampung tangguh menuturkan,"kita harus memaknai dulu kampung tangguh ini, di mana Desa putemata ini sebagai Pilot Project setelah itu kita mendapatkan ilmunya lalu di salurkan ke desa lainya. kami, Pemda bersama Kapolres akan mendirikan kampungTangguh disetiap Kecamatan satu Desa, semoga satu desa ini bisa menularkan ke Desa lainya, sehingga kedepan di semua Desa dan kelurahan menjadi Desa tangguh", pungkasnya.

    Di kesempatan itu pula tim supervisi Polda Sultra melihat langsung Proses pembuatan jamu jahe merah produksi masyarakat Desa Putemata.

    Kegiatan tersebut juga di hadiri Para Asisten, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perwakilan Danramil Tirawuta, Camat Ladongi, Kapolsek Ladongi, Kapus Ladongi, serta tokoh dan masyarakat Desa Putemata. (*)


    Penulis | Irwandar






VIDEO