• 8 Warga Butur Berstatus OTG Sempat Lakukan Perjalanan

image_title
Ket: Peta Sebaran Perkembangan Covid-19 di Butur , 15 April 2020.
  • Share

    BUMISULTRA

    BUTUR--Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTC-19) Buton Utara (Butur) per tanggal 15 April 2020 pukul 21:30 WITA mencatat 11Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 8 kasus baru Orang Tanpa Gejala (OTG).

    Data diperoleh berdasarkan sebaran di wilayah kerja per puskesmas di lima Kecamatan yakni Puskesmas Kulisusu 5 ODP dan 4 OTG, Puskesmas Lambale 3 ODP dan 1 OTG, Puskesmas Kioko 2 ODP, Puskesmas Kambowa 1 ODP, Puskesmas Bonegunu 3 OTG.

    Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Butur, dr Muh Ali Badar menyampaikan 8 kasus baru OTG tersebut sebelumnya berstatus pelaku perjalanan

    "Mereka (OTG) di atas adalah penumpang dari KM Lambelu. Penentuan OTG ketika kami sudah di konfirmasi bahwa di kapal tersebut banyak positif termaksud ABK kapal yang di isolasi. Maka semua penumpang berstatus OTG karena sudah ada kontak erat," paparnya. " ujar dr Ali, Rabu (15/4/2020).

    Ia menambahkan, secepatnya akan dilakukan rapid tes besok atau lusa.

    Untuk di ketahui, Orang Tanpa gejala (OTG) tidak menunjukan gejala, akan tetapi ada riwayat kontak erat (jarak 1 meter) dengan pasien covid-19 yg positif. Dengan demikian pasien di berlakukan karantina rumah dengan pemantauan petugas kesehatan.

    Dengan tambahan itu, di Kabupaten Buton Saat ini jumlah orang yang masih sementara dalam pemantauan sebanyak 11 ODP serta tambahan kasus baru OTG sebanyak 8 orang. (*)


    Penulis | Ifang Wilyas






VIDEO