• Antisipasi Covid-19, Abu Hasan : Kita Terapkan Ideologi Gotong Royong

image_title
Ket: Suasana Ruang Rapat Setda Butur Usai Vidcon Foto : Ifang Wilyas
  • Share

    BUMISULTRA

    BUTUR--Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Utara) terus melakukan langkah-langkah pencegahan terhadap pandemi Covid-19 melibatkan basis pemerintahan yang ada di Kecamatan, Kelurahan, pemerintah Desa hingga basis yang ada di masyarakat.

    Bupati Buton Utara, Abu Hasan, menyampaikan upaya pencegahan wabah covid-19 terus dilakukan. "Kita sudah mengambil langkah-langkah antisipasi untuk masalah ini" ujarnya usai vidcon bersama Menteri Dalam Negeri, Rabu (8/4/2020).

    Dalam hal ini, kata dia, tetap mengutamakan ideologi gotong royong" mulai dari desa , kelurahan hingga kecamatan kita sudah kerahkan. Untuk desa kita sudah keluarkan surat edaran untuk menyiapkan anggaran.

    Hal ini telah tertuang dalam Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 8 tahun 2020 tertanggal 24 Maret 2020 tentang Desa Tanggap Corona dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

    Poin dalam penerapan kebijakan PKTD dalam melawan pandemi Covid-19 yakni mengubah Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sebagai dasar untuk mengeluarkan Dana Desa tahun 2020.

    "Acuan sudah ada dari Kemendes, dari desa itu untuk covid minimal lima juta. Ternyata desa responnya sangat bagus, malah lima sampai dua puluh lima juta hingga tiga puluh juta mereka siapkan untuk wabah ini" ungkap Abu Hasan.

    Lebih lanjut, Predisium Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Sulawesi Tenggara (KAHMI Sultra) ini meminta gugus tugas percepatan penanganan covid-19 untuk mendampingi pemanfaatan anggaran di desa.

    "Bantu dampingi mereka. Mungkin mereka bisa beli keperluan APD ,cairan desinfektan atau kebutuhan lain" tutupnya. (*)


    Penulis | Ifang Wilyas






VIDEO