• Perkenalkan BSBI, BI Sultra Bersama UHO Gelar Seminar Ekonomi

image_title
Ket: Ketua BSBI, Fadhil Hasan di seminar 'Peran dan Tata Kelola Perwakilan Bank Indonesia dalam Pembangunan Ekonomi Daerah' di UHO, Jumat (13/3/2020).Foto : Septiana
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerja sama dengan Universitas Halu Oleo (UHO) melaksanakan seminar dengan tema 'Peran dan Tata Kelola Perwakilan Bank Indonesia dalam Pembangunan Ekonomi Daerah'. Kegiatan itu juga bertujuan untuk memperkenalkan Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) kepada masyarakat terkhusus mahasiswa lingkup UHO.

    Ketua BSBI, Fadhil Hasan, mengungkapkan, selama ini yang dikenal hanya Bank Indonesia saja, masyarakat belum mengetahui tentang BSBI dan seperti apa tugas pokok serta fungsinya. Melalui seminar ini, pihaknya hendak memperkenalkan atau mensosialisasikan BSBI.

    "Selanjutnya dalam seminar, kita juga akan membahas terkait perekonomian Indonesia dan dampaknya ke Sultra," ungkapnya saat ditemui di Auditorium Mokodompit UHO, Jumat (13/3/2020).

    Adapun, masih dia, BSBI sendiri merupakan lembaga pengawas terhadap Bank Indonesia. Dimana, sebagai bank sentral yang independen, BI harus diawasi dengan benar dalam rangka untuk memeriksa kredibilitasnya berdasarkan prinsip-prinsip good governance.

    "Sebenarnya Bank Indonesia diawasi oleh DPR, hanya saja karena DPR memiliki banyak kesibukan. Sehingga DPR membentuk BSBI sebagai lembaga yang mengawasi Bank Indonesia," terangnya.

    Dengan kata lain, lanjut Fadhil, BSBI adalah perpanjangan tangan dari DPR untuk mengawasi Bank Indonesia. Dirinya, menambahkan, pelaksanaan seminar di lingkup universitas, diharapkan mampu memperkaya pengetahuan mahasiswa baik tentang BSBI maupun perkembangan ekonomi Indonesia saat ini.

    "Selain UHO, kita sudah melakukan kunjungan di beberapa universitas lainnya. Di Sultra baru UHO," katanya.

    Sementara itu, Rektor UHO, Muhammad Zamrun, menungkapkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan seperti ini. Terlebih kegiatan ini membuka wawasan mahasiswa terhadap perekonomian daerah.

    "UHO sendiri bersama Bank Indonesia Perwakilan Sultra memang telah memiliki MoU. Jadi kegiatan apapun itu kita akan saling dukung. Apalagi, jika kegiatan tersebut dapat mendukung pembangunan daerah," ucapnya saat memberi kata sambutan.

    Di kegiatan itu hadir pula, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sultra, Suharman Tabrani. Serta Anggota BSBI, Hikmahanto Juwana yang berkesempatan memberikan materi dengan judul 'Mengawal Independensi BI'.

    Turut serta dalam seminar, pengamat ekonomi Prof. Ahmad Erani Yustika, Akademisi UHO, Dr. Rosna Wintang, SE., MSi, dan selaku moderator Prof. Dr. H. Muhammad Sarif, SE., MS. (*)


    Penulis | Septiana












VIDEO