• Gunakan Dokumen Palsu, Kades Santigi Ditahan Polres Muna

image_title
Ket: Kasat Resrkrim Polres Muna, AKP Muh. Ogen Sairi, SH. MH
  • Share

    BUMISULTRA

    MUNA - Kepala Desa Santigi, Kecamatan Tiworo Utara, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Herlis akhirnya ditahan. Setelah melewati beberapa proses penyidikan oleh polisi, Kades yang belum lama dilantik kini resmi menyandang gelar tersangka dan ditahan oleh Polres Muna.

    Ia dijebloskan kurungan lantaran diduga menggunakan dokumen palsu, dengan merubah tahun kelahiran  saat mendaftar sebagai calon Kades Santigi beberapa waktu lalu.

    Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho melalui Kasat Reskrim, AKP Muh. Ogen Sairi mengatakan, setelah semua rampung mulai pemeriksaan saksi dan alat bukti yang lengkap sehingga kita ambil langkah dan menjemput tersangka ke kediamanya untuk dilakukan penahanan.

    "Pelaku kita sudah tahan di Polres Muna sedangkan statusnya sudah sebagai tersangka. Kita juga sudah mengantongi semua bukti dan datanya pun lengkap," bebernya, Jumat (13/3/2020).

    Kata Ogen, dari kesaksian tersangka, ia juga mengakui, bahwa data yang dimilikinya bertentangan dengan pihak sekolah tempat asalnya (palsu). sedangkan untuk lebih meyakinkan data itu kita akan lakukan dulu uji Labfor.

    "Tersangka akan dijerat pasal 263 tentang pemalsuan dengan ancaman tujuh tahun penjara," tandasnya.

    Di tempat terpisah, Kuasa Hukum Pelapor, Abdul Rajab Sabarudin SH, mengaku sudah mendapat informasi terkait hal tersebut.

    "Di pihak kami juga sudah mendapat informasi, bahwa terlapor sudah ditahan. Sekarang kita tinggal tunggu langkah selanjutnya dari pihak Kepolisian," ungkapnya saat dikonfirmasi melalui Whatsapp.(*)

    Abdul Rajab juga berharap proses perkara ini bisa cepat sampai pada putusan pengadilan, agar masyarakat dan negara tidak terlampau lama dirugikan. (*)


    Penulis | Ali Rasyid






VIDEO