• Pertama di Sultra, Ujian Sekolah SMAN 1 Raha Gunakan Smartphone

image_title
Ket: Ilustrasi
  • Share

    BUMISULTRA

    MUNA--SMA Negeri I Raha bakal menggelar ujian sekolah pada tanggal 9 hingga 17 Maret 2020. Uniknya dalam proses ujian sudah tidak lagi menggunakan cara manual namun modern, cukup dengan memiliki smartphone android.

    La Rama SP.d,MP, tim penanggung jawab UNBK Provinsi Sultra mengatakan, ujian dilakukan yang pertama kali di Sultra oleh sekolah SMA 1 Raha. Menurutnya, ini adalah gagasan dari pihak sekolah sendiri ketika membaca dari kementrian untuk mengarahkan bahwa sistem yang digunakan berbasis online.

    "Kita gunakan karena dasar pertama sekolah ini sudah melakukan ujian nasional berbasis komputer dan berjalan selama 4 tahun. sehingga ini kita namakan ujian satuan pendidikan berbasis komputer dan HP andtoid,'' ujar La Rama saat ditemui wartawan, Rabu (4/3/2020).

    Lanjut Ramah, untuk fasilitas semua sudah disiapkan bahkan pengimputan soal soal ujuan sudah tuntas tinggal menunggu simulasi yang akan dilakukan pada sabtu mendatang. dari 346 siswa, sekolah sudah menyiapkan 18 ruangan yang ditambah dengan ruang leb dengan fasilitas komputer.

    "Bagi yang tidak memiliki android tak perlu ragu, karena ada ruangan lab dengan komputer kita siapkan dan lengkap beserta server  tinggal digunakan. kita juga berharap agar kedepannya sistem ini berjalan dengan baik." katanya.

    Salah satu keunggulan dengan menunggunakan android adalah nilai hasil ujian langsung terekam. Namun ia tidak menggunakan internet cuman aplikasi yang dikoneksikan langsung dengan menggunakan alat tipiling sejenis Wifi dan disambung keserver.

    Ramah menambahkan bahwa proses ini tidak lah rumit. ia beranggapan kenapa UNBK saja mnggunakan semi online bisa apalagi ini adalah ofline. dan bagusnya karena terekam keserver maka nilainya langsung terbuka tanpa perlu diketahui lewat manual lagi.

    "Untuk waktu semua sama dan peserta yang sudah mengirim hasil tidak ada lagi ruang mengulangi hasil ujian. selagi belum menekan tombol simpan atau selesai masi bisa menggunakan sesuai durasi waktu yang digunakan." Bebernya

    Drs.La Kadir, MP,d Wakasek mengapresiasi program ini, apalagi ini adalah salah satu sekolah zonasi yang ada di Sultra sehingga program berbasis online harus terus di galakan dalam rangka mensosialisasikan program pemerintah yang melahirkan siswa lebih familiar.

    "Jika tidak punya android siswa tidak perlu cemas. karena sekolah sudah menyiapkan komputer yang sudah disimpan dileb. ini adalah invasi bagus sehingga, sekolah bisa kedepan juga diikuti oleh sekolah lain agar program pemerintah bisa berjalan seperti yang diharpkan,'' tandasnya. (*)


    Penulis | Ali Rasyid












VIDEO