• Tingkat Nasional, Koltim Masuk Peringkat II Pencairan Tercepat DD

image_title
Ket: Ilustrasi
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMIR -Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali meraih prestasi di tingkat Nasional, dimana Koltim peringkat 2 tingkat Nasional sebagai pioner pencairan tercepat anggaran dana desa (DD) dengan sistem pola baru PMK 205 di bulan Januari 2020.

    Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) DPMD Koltim Kusram Maroli saat di wawancara di ruanganya, Rabu (26/02/2020).

    Menurut Kusram, mereka berada diurutan ke dua dari Pemda Madiun, ada penyampaian dari KPPN Kolaka Wahid bila ada Pemda wilayah bayar KPPN Kolaka ada kendala koordinasi dengan Pemda Koltim. ''Karena Koltim terbukti urutan kedua setelah Madiun", kata Kusram.

    Sementara menurut Kepala Dinas (Kadis) DPMD Koltim Hanarudin  bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari DPMD bersama tim P3MD turun membantu Desa, sehingga apa yang menjadi kendala bisa dicarikan solusi.

    ''Berkaitan dengan itu, ini adalah bentuk penegasan Bupati Koltim kepada Kami di Dinas, untuk membantu sekaligus mendampingi para Kepala Desa (Kades) mulai dari Pemdesnya maupun kepada para tenaga ahlinya,''  terangnya.

    Dikatakan kemajuan dan keberhasilan ini mengacu pada visi dan misi Bupati Koltim di singkronkan dengan peeencanaan di Desa, dan saat ini anggaran DD 70 persen adalah pemberdayaan. (*)


    Penulis | Irwandar






VIDEO