• Deklarasi AMSI Sultra Mengusung Tema Peluang dan Tantangan di Era Hoaks

image_title
Ket: AMSI
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI--Sejumlah media siber Kota Kendari, Provinsi  Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) akan dideklarasikan di Hotel Imperial, Sabtu (15/2/2020).

    Dimana acara deklarasi AMSI Sultra diawali dengan pembukaan, dilanjutkan deklarasi Pendirian AMSI Sultra.

    Selanjutnya acara talkshow, dengan panelis dari  AMSI pusat, Polda, akademisi dengan  mengusung tema  "Jurnalisme Online, Peluang dan Tantangan di Era Hoaks dan Disrupsi Digital"

    Media online yang tergabung dalam AMSI Sultra 11 Media Online diantaranya Sultrakini.com, Kumparan Sultra, Bumisultra.com, Inilahsultra.com. Zona Sultra.com, Panji Kendari.com, Tegas.CO, Sultrapedia.com, Media Cakrawala News.com, Media Kendari.com, Lentera Sultra.com.

    Sebelumnya dikutip dari www.tirto.com bahwa AMSI telah di deklarasikan di  Gedung Dewan Pers, 18 April 2017 lalu. Deklarasi itu dilakukan atas dasar kebutuhan perusahaan media siber untuk bersatu dalam rangka memperkuat pers di tanah air.

    Berdirinya AMSI merupakan satu tonggak sejarah pers di Indonesia. Ketua Presidium AMSI, Wenseslaus Manggut dalam deklarasi itu mengatakan salah satu tujuan didirikannya AMSI ini adalah memperkuat kualitas produk jurnalistik media siber yang sesuai dengan kode etik dan memperbaiki tata kelola media siber di Indonesia.

    "Kita punya banyak pekerjaan rumah, karena sejak awal kita punya masalah yang belum selesai, misalnya munculnya situs penyebar berita hoax. Ini salah satu yang akan kita perangi," kata Wens yang juga merupakan CCO KLN Network pada diskusi sebelum deklarasi.

    Hadirnya AMSI ini diprakarsai oleh 26 media siber, beberapa di antaranya yakni Tirto.id, Merdeka.com, Detik.com, Kompas.com, Liputan6.com, Kumparan.com, Dream.co.id, Tempo.co, Republika.co.id, CNNIndonesia.com, TheJakartaPost.com, Metrotvnews.com, kabarmakassar.comdan lainnya. Sampai dideklarasikan hari ini, sudah ada 174 media siber yang mendaftar AMSI.

    Kehadiran AMSI ini mendapat sambutan baik dari Ketua Dewan Pers, Yosef Adi Prasetyo dan Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara. Keduanya berharap AMSI memiliki peran dalam meningkatkan kualitas pers di Indonesia. (**)


    Penulis | redaksi












VIDEO