• Ujian Dilaksanakan April, Soal 100 Persen dari Satuan Pendidikan

image_title
Ket: Kabid Dikdas Dikmudora Kendari, Muchdar Foto : Septiana
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Arah kebijakan pendidikan tahun 2020 ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tidak lagi dilaksanakan, namun untuk mengevaluasi hasil belajar siswa, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari tetap melaksanakan tes tertulis kepada siswa SD dan SMP lingkup Kota Kendari.

    "Memang ada perbedaan antara 2020 ini dengan tahun sebelumnya, namun perbedaan itu tidak terlalu signifikan," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikmudora Kota Kendari, Muchdar, Senin (13/1/2020).

    Dia, mengatakan, tahun ini untuk tingkat SMP masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Tercatat kurang lebih 22 SMP negeri dan 16 SMP swasta akan melaksanakan UNBK, yang berbeda hanyalah di ujian sekolahnya.

    "Jika sebelumnya USBN, maka tahun ini ujian sekolah murni dilaksanakan oleh satuan pendidikan," tuturnya.

    Dimana, jelas Muchdar, pada USBN sebanyak 25 persen soal-soal ujian dibuat di pusat yakni di Jakarta. Sekarang semua soal, 100 persen dibuat satuan pendidikan dalam hal ini sepenuhnya diserahkan kepada daerah. Tetapi, dirinya menekankan, tidak adanya USBN bukan berarti sekolah tidak melaksanakan ujian.

    "Mekanisme ujian tetap ada, baik ditingkat SD maupun SMP yakni dengan melaksanakan tes tertulis," terangnya yang juga Ketua Panitia Ujian 2020.

    Dia, menambahkan, tes tertulis ini merupakan bentuk evaluasi kepada siswa, bukan saja untuk melihat hasil belajar selama menempuh pendidikan tetapi juga sebagai acuan untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

    Soal ujian lanjut dia, dibuat oleh satuan pendidikan pasalnya yang mengetahui potensi siswa adalah satuan pendidikan itu sendiri. Adapun kebijakan dari Dikmudora Kendari ialah pembuatan soal harus terpusat, artinya soal diambil dari guru-guru lewat Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk SD, dan soal bagi SMP diambil dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

    "Soal-soal tersebut tetap akan diuji cobakan melalui Try Out seperti sebelumnya yang sering dilakukan. Sehingga lahir soal yang valid. Bentuk soal tetap pilihan ganda," ucap mantan Kasi SMK ini.

    Muchdar, menambahkan, pelaksanaan ujian akan dilakukan pada bulan April 2020. Pelaksanaan UNBK SMP ialah 20-23 April, sementara ujian sekolah SMP pada 6 - 11 April, dan untuk ujian sekolah tingkat SD akan dilaksanakan 20 -22 April 2020. (*)


    Penulis | Septiana







VIDEO