• Tingkatkan Produksi Perikanan, Tim PKW Beri Bantuan Kapal Kepada Nelayan

image_title
Ket: Satu unit kapal penangkap ikan yang diberikan Tim PKW kepada nelayan di Kelurahan Molawe, Konut, Sultra.
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Dalam rangka mendukung program minapolitan yang dicanangkan oleh pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) dalam hal ini meningkatkan produksi perikanan tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) bersama Universitas Halu Oleo (UHO) melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Kemitraan Wilayah (PKW) sebagai salah satu skema program pengabdian kepada masyarakat dari Dirjen Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti memberikan langsung kapal penangkap ikan atau perahu bermotor kepada nelayan di Kelurahan Molawe, Konut, Sulawesi Tenggara (Sultra).

    Dekan FPIK UMK , Fajriah sekaligus ketua pelaksana kegiatan, mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan yang telah dilakukan oleh Tim PKW sejak bulan Juli 2019 lalu. Selanjutnya, pada 22 November 2019 pihaknya memberikan langsung kapal penangkap ikan atau perahu bermotor kepada nelayan di Kelurahan Molawe.

    "Untuk saat ini baru satu unit kapal ikan skala kecil yang telah selesai dibuat dan akan segera dimanfaatkan oleh nelayan," jelas dia, Selasa (26/11/2019).

    Dia menambahkan, adapun jangka waktu pembuatan kapal ikan atau perahu ini kurang lebih dua bulan. Namun tidak itu saja, sebelumnya tim PKW juga telah membantu nelayan berupa lampu celup bawah air. Penggunaan lampu ikan bawah air ini dirasa cukup memberi dampak keuntungan bagi nelayan dari sisi ekonomi.

    "Sehingga, kedepan akan diupayakan lagi ada penambahan pemberian lampu ikan bawah air untuk nelayan," katanya.

    Menurut Fajriah, kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui program PKW yang selama ini telah dilaksanakan di Kelurahan Molawe memberi cukup banyak manfaat bagi nelayan karena berbagai upaya telah dilaksanakan oleh tim PKW. Oleh karena itu, pihaknya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada DRPM Kemenristekdikti yang telah membantu mendanai program PKW ini dan pemerintah Kelurahan Molawe yang turut memfasilitasi berjalannya program tersebut dengan baik.

    Perlu diketahui tim PKW ini bukan hanya dari UMK saja tetapi juga beberapa anggota dari Universitas Haluoleo (UHO) yakni Kobajashi T. Isamu, Ahmad Mustafa dan Hasnia Arami.(*)


    Penulis | Septiana








VIDEO