• Soal Sampah, Masyarakat Muna Dihimbau Punya Kesadaran Sendiri

image_title
Ket: Ilustrasi dari Google
  • Share

    BUMISULTRA

    MUNA--Upaya yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muna soal pelomik sampah sekira mungkin sudah dituntaskan. Instansi dibawah komando  Sumih Tahta tak henti -hentinya menjawab permintaan masyarakat meski dibalik semua itu penuh dengan bulian.

    Bekerja mulai dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 10.00 Wita, pasukan kuning terus berburu waktu tuntaskan sampah demi kenyamanan warga, dan faktanya dilapangan semua jalan poros sampah yang menumpuk bersih tanpa jejak.

    Sumih Tahta mengatakan, pihaknya sudah berbuat semampu mungkin, semua fasilitas armada bahkan anggota sudah ia kerahkan, dan lokasi sampah yang selama ini menumpuk tak luput dibersihkan.

    Katanya, dari 8 buah armada pengangkut sampah semua aktif sten bay bahkan ditambah dengan pengangkut jenis motor viar sebanyak 6 buah yang di operasikan di titik titik tertentu.

    "Insya allah, kalau sampah sudah menjadi tanggung jawab kita, dan itu akan tetap kita tuntaskan,'' ucapnya, Rabu (20/11/2019).

    Mantan Kasat Pol PP Muna itu, menambahkan, terkhusus area pasar, katanya, tiap hari mulai hari Senin sampai Sabtu anggotanya terjun lapangan. Kendatipun ada yang tertumpuk itu dikarenakan hari libur, jadi masyarakat tak perlu lagi khawatir soal sampah, sekarang tinggal kesadaran diri saja masing- masing.

    "Kalau bicara armada, sampai saat ini kita masi kurang, kita sudah tambahkan motor sampah di beberapa titik, tinggal masyarakat saja, kalau ingin buang sampah buanglah pada tempatnya, jangan motor sampahnya yang kosong justru disampingnya dipenuhi dengan sampah,'' tegasnya. 

    Tak hanya itu, Ia juga menyesali terkait tong sampah yang dicebur dilaut oleh orang- orang yang tidak bertanggung jawab, padahal itu merupakan bantuan dari alumni IKA Smndara yang sangat berguna dan membantu.

    "Saat ini kami sudah bekerja secara mksimal, jadi sekali lagi tinggal dibutuhkan kesadarana dari masyarakat,'' tandasnya. (*)


    Penulis | Ali Rasyid








VIDEO